Berpiki Kreatif Siswa Kelas XI MIPA 6 SMA Negeri 3 Jember dalam Menyelesaikan Soal Barisan dan Deret Aritmatika
Abstract
Matematika merupakan salah satu ilmu universal yang memiliki peranan
penting dalam disiplin ilmu. Pembelajaran matematika memerlukan berpikir
kreatif berpikir kreatif pada dasarnya dimiliki oleh semua orang yang berpikir
kreatif hanya orang-orang tertentu saja yang dapat menyelesaikan solusi dengan
beberapa cara penyelesaian masalah. Dengan berpikir kreatif diharapkan siswa
dapat menyelesaikan masalah atau soal dengan berbagai cara atau sudut pandang
yang berbeda. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk membiasakan siswa
berpikir kreatif yaitu dengan memberikan pembiasaan yang memuat soal-soal
berpikir kreatif. Salah satu materi yang dapat memunculkan berpikir kreatif adalah
materi barisan dan deret aritmatika.
Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan berpikir kreatif siswa dalam
menyelesaikan soal barisan dan deret aritmatika kelas XI MIPA 6. Jenis penelitian
ini merupakan penelitian dekskriptif dengan pendekatan kualitatif. pengumpulan
data pada penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari 2023. Subjek pada
penelitian ini adalah kelas XI MIPA 6 di SMA Negeri 3 Jember yang terdiri dari
31 siswa. Berdasarkan analisis data validasi instrumen, didapatkan nilai rata-rata
𝑉𝑎 untuk soal tes yaitu 2,25 dan 2,87 untuk nilai rata-rata wawancara. Sehingga
dapat disimpulkan bahwa kedua intrumen tersebut dapat dikatakan valid dan dapat
digunakan untuk penelitian.
Pada hasil penelitian didapatkan 2 siswa dari 31 siswa kelas XI MIPA 6
yang dapat menyelesaikan soal barisan dan deret aritmatika yang menunjukkan
indikator dari berpikir kreatif. Siswa memikirkan lebih dari satu cara penyelesaian
dan memberikan dua jawaban yang sama meskipun dengan cara yang berbeda
dengan lancar dan benar.