• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Media Flannel Board Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Simbolik pada Kelompok A2 di TK Pertiwi Kabupaten Jember

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI YOHANA REPOSITORY.pdf (5.082Mb)
    Date
    2023-07-21
    Author
    LUKASIM, Yohana Emilia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kemampuan berpikir simbolik merupakan salah satu aspek dari lingkup perkembangan kognitif, dimana kemampuan berpikir simbolik merupakan aspek yang juga sangat penting yang harus dicapai dan dimiliki oleh anak. Kemampuan berpikir simbolik memiliki beberapa tingkat pencapaian perkembangan yaitu membilang banyak benda satu sampai sepuluh, mengenal konsep bilangan, mengenal lambing bilangan, danyang terakhir mengenal lambing huruf bilangan. Adapun permasalahan yang diperoleh saat observasi awal di TK Pertiwi Kabupaten Jember pada saat proses belajar mengajar di sekolah, guru hanya menyebutkan saja ketika proses pembelajaran dari awal berlangsung hingga selesai tanpa menggunakan media tambahan untuk mengajar, sehingga proses belajar mengejar tentu tidak menarik bagi anak. oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk 1) mendeskripsikan proses pengembangan media flannel board untuk meningkatkan kemampuan berpikir simbolik pada kelompok A2 di TK Pertiwi Kabupaten Jember; 2) mendeskripsikan efektifitas penerapan pengembangan media flannel board untuk meningkatkan kemampuan berpikir simbolik pada kelompok A2 di TK Pertiwi Kabupaten Jember. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang dikemukakan oleh Robert Maribe Branch. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini adalah Media Pembelajaran Flannel Board untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Simbolik pada anak. Media pembelajaran Flannel Board ini digunakan untuk mencapai 4 tingkat capaian perkembangan anak yang sesuai dengan Permendikbud 137 tahun 2014, dimana media ini dirancang dan dipilih seringkas mungkin untuk mencapai seluruh tingkat perkembangan anak. Uji coba media ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023 dengan subjek anak usia 4-5 tahun di TK Pertiwi Kabupaten Jember yang berjumlah 17 anak (Kelompok A2). Proses pengembangan media flannel board ini dilaksanakan dalam beberapa tahap yaitu tahap analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Tahap analisis dilakukan di TK Pertiwi Kabupaten Jember dengan menghasilkan analisis kebutuhan, analisis kurikulum dan juga analisis karakter dari peserta didik yang dibutuhkan dan sesuai dengan kebutuhan anak TK. Pada tahap desain, proses perancangan suatu produk dari penelitian pengembangan dan sebelum peneliti mendesain media flannel board untuk meningkatkan kemampuan berpikir simbolik dengan membuat suatu rancangan kegiatan mengajar dengan menggunakan media flannel board yang kemudian diarahkan pada langkahlangkah pelaksanaan dan peraturan bermain media tersebut sebagai kegiatan untuk meningkatkan kemampuan berpikir simbolik pada anak. Pada tahap pengembangan, dilakukan uji validasi oleh ahli dan revisi produk pengembangan media flannel board, dengan hasil rata-rata skor dari dua validator adalah 4,23 untuk kelayakan teoritis, 4,7 untuk pengembangan media serta 4.17 untuk kepraktisan. Hal ini menunjukan bahwa instrument yang disusun memenuhi unsur kevalidan. Pada tahap implementasi, dilakukan uji coba penerapan pengembangan media dengan hasil 80,5 dengan kelompok A2 dengan jumlah 17 anak di TK Pertiwi Kabupaten Jember. Hal ini menunjukkan bahwa pengembangan media flannel board yang disusun efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir simbolik dan aktivitas belajar dikelas. Saran dari tahap evaluasi adalah perlunya memperfokus indikator dan karakteristik yang lebih sesuai dengan anak kelompok usia 4-5 tahun.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125914
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository