• Login
    View Item 
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Agribusiness
    • View Item
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Agribusiness
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KONSUMSI EDAMAME DI KABUPATEN JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    BAMBANG POERWANTO.pdf (362.5Kb)
    Date
    2013-12-24
    Author
    BAMBANG POERWANTO
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk : (a) Untuk mengetahui faktor – faktor yang membentuk perilaku konsumen terhadap edamame curah (segar) dan kemasan (beku) di Kabupaten Jember. (b) Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi tingkat konsumsi edamame curah (segar) dan kemasan (beku) di Kabupaten Jember; (c) Untuk mengetahui strategi pengembangan pasar lokal produk edamame di Kabupaten Jember. Teknis Analisis data meliputi:(a) Untuk mengetahui faktor – faktor yang membentuk perilaku konsumen terhadap edamame edamame curah (segar) dan kemasan (beku) di Kabupaten Jember digunakan analisis faktor ; (b) Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi tingkat konsumsi edamame edamame curah (segar) dan kemasan (beku) di Kabupaten Jember digunakan uji regresi linier berganda; (c) Untuk mengetahui strategi pengembangan pasar lokal produk edamame di Kabupaten Jember dipergunakan analisis medan kekuatan atau Force Field Analysis / FFA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pada edamame dalam kemasan (beku) perilaku konsumen dalam pembelian di pengaruhi oleh variable produk dan promosi, sedangkan harga edamame dan distribusi tidak memiliki pengaruh nyata. Pada edamame curah (segar) perilaku konsumen dalam pembelian di pengaruhi oleh promosi sedangkan harga edamame, produk dan distribusi tidak memiliki pengaruh secara nyata. Faktor-faktor yang membentuk perilaku konsumen dalam pembelian edamame dalam kemasan (beku) di Jember yaitu kualitas edamame meliputi variabel rasa, aroma, warna. Faktor bauran pemasaran meliputi harga, distribusi/pengecer. Faktor kehandalan meliputi kebersihan, daya tahan produk, cepat saji. Faktor desain kemasan meliputi kapasitas isi dan merek. Sedangkan faktor yang membentuk perilaku konsumen dalam pembelian edamame curah segar di Jember yaitu Faktor eksternal meliputi variabel distribusi/pengecer, ukuran, jumlah polong, kecacatan dapat di beri identitas yang mewakili seluruh variabel dengan nama faktor eksternal. Faktor Internal meliputi variabel : daya tahan produk, rasa, warna dan aroma. Hasil analisis force field analysis menyatakan bahwa factor pendorong utama dalam pengembangan edamame di Kabupaten Jember adalah kualitas ekspor edamame dan kedua adalah produk edamame yang tergolong baru dan belum banyak diketahui masyarakat. Sedangkan factor penghambat utama adalah informasi produk / promosi edamame yang memang belum dilaksanakan secara optimal dan kedua ketersediaan outlet yang menjual produk edamame di Kabupaten Jember yang hanya terkonsentrasi di wilayah kota Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12590
    Collections
    • MT-Agribusiness [159]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository