Show simple item record

dc.contributor.authorGUNADI, Dewi Indriani Putri
dc.date.accessioned2025-03-27T07:00:20Z
dc.date.available2025-03-27T07:00:20Z
dc.date.issued2023-07-21
dc.identifier.nim180110201093en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125886
dc.descriptionvalidasi_repo_firli_maret_2025_19 :: Finalisasi unggah file repositori tanggal 27 Maret 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractPenelitian ini adalah sebuah penelitian yang mengangkat pelayanan publik yang berfokus pada interaksi antara CS dan nasabah yang melakukan gadai dan melaporkan keluhan di Pegadaian Tegal Boto Jember. Penelitian ini mengemukakan pola komunikasi yang didalamnya menggunakan bahasa, fungsi komunikatif, hingga pengaruh tindakan, peristiwa, dan latar belakang sosial pelaku interaksi komunikasi. Maksud dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui interaksi komunikatif antara CS dan nasabah dalam proses pelayanan produk emas di pegadaian Tegal Boto Jember. Penelitain skripsi ini menggunakan metode etnografi komunikasi Spradley, yaitu alur penelitian maju bertahap. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatifdan diungkap menggunakan emik interpretif, Hal tersebut guna memaknai setiap perilaku masyarakat yang di teliti. Data primer dalam penelitian ini adalah teks percakapan dan konteks komponen tutur yang terjadi antara CS dan nasabah saat bertransaksi. Data sekunder berupa dokumen yang diperoleh dalam proses penelitian. Data tersebut digunakan sebagai penunjang data primer. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini berupa Pengamatan terlibat, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Metode analisis data yaitu analisis domain, analisis taksonomik, analisis komponen, dan analisis tema budaya. Penelitian ini menunjukkan bahwa interaksi komunikatif menggambarkan komunikasi yang lugas, terbuka, dan terarah. Bahasa yang digunakan menentukan pengolahan informasi dan penyampaian lugas dan jelas sehingga dapat diterima baik oleh lawan tutur. Bahasa yang digunakan pada penelitian ini adalah campur kode dan bahasa Indonesia. Campur kode mayoritas digunakan oleh customer service sebagai upaya menciptakan kepercayaan dan kenyamanan bertransaksi. Bahasa Indonesia digunakan oleh nasabah yang memiliki pekerjaan tetap Interaksi komunikatif antara CS dan nasabah dalam proses pelayanan produk emas di Pegadaian Tegal Boto Jember menghasilkan pola komunikasi dialogis. Nasabah dan juga CS dapat berperan sebagai pengirim pesan (komunikator) dan penerima pesan (komunikan). Penggunaan fungsi komunikatif dalam interaksi tersebut yang mendominasi adalah fungsi direktif-ekspresif-fatik. Ketiga fungsi tersebut berdampak pada proses pelayanan sehingga transaksi dapat berlangsung dengan lancar. Tema budaya tersebut berupa keterbukaan informasi, kepercayaan, kesopanan, kejujuran, dan toleransi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui tema budaya dalam transaksi gadainya. Berdasarkan analisis terhadap pola interaksi komunikasi serta pemaknaan dan pemahaman terhadap motif tindakan dapat diketahui tema budaya yang melatar belakanginya. Tema budaya tersebut berupa keterbukaan informasi, kepercayaan, kesopanan, kejujuran, dan toleransi. Berdasarkan hasil keseluruhan analisis data praktik komunikasi nasabah dan CS dalam proses pelayanan produk emas di Pegadaian Tegal Boto Jember dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahasa pada praktik komunikasi mengikuti penggunaan bahasa nasabah diimbangi teknik komunikasi dan pengetahuan yang dimiliki CS sehingga dapat memperjelas makna pesan yang disampaikan. Hal tersebut dapat membuat transaksi berjalan lancar .en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Drs. Kusnadi, M. A. Dosen Pembimbing Anggota : Dr. Agustina Dewi Setyari, S.S. M.Humen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Budayaen_US
dc.subjectKomunikasien_US
dc.subjectEtnografi Komunikasien_US
dc.subjectPelayanan Publiken_US
dc.titleInteraksi Komunikatif dalam Proses Pelayanan Produk Emas di Pegadaian Tegal Boto Jember: Suatu Tinjauan Etnografi Komunikasien_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiSastra Indonesiaen_US
dc.identifier.pembimbing1Drs. Kusnadi, M. A.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Agustina Dewi Setyari, S.S. M.Humen_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_maret_2025_19en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record