Upaya Pengembangan Kompetensi Profesional Guru Dalam Mendukung Program Sekolah Penggerak Di TK Arni Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2022/2023
Abstract
Pengembangan kompetensi profesional guru dalam satuan lembaga mempunyai maksud
untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan yang ada di sekolah itu sendiri. TK Arni Jember
menyandang predikat sebagai sekolah penggerak. Latar belakang sekolah mengikuti program
sekolah penggerak yaitu visi dan misi yang belum sesuai dengan karakreristik sekolah, sumber
daya manusia guru masih berada pada zona nyaman, kurangnya pengetahuan guru tentang ilmu
teknologi dan metode guru yang masih mendominasi di kelas. Rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah bagaimana upaya pengembangan kompetensi profesional guru dalam
mendukung program sekolah penggerak di TK ARNI Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember
tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengambilan data meliputi observasi,
wawancara, dan dokumentasi dari sekolah. Sumber data yang dibutuhkan berasal dari guru-guru
sebagai informan kunci, dan kepala sekolah TK Arni sebagai informan pendukung. Teknik
analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu dilakukan melalui empat tahapan, antara
lain pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan
hasil penelitian yang telah dilakukan di TK Arni Jember, sekolah mengadakan pelatihan dari
awal surat keputusan sekolah penggerak diturunkan pada tahun 2022, tepatnya mulai bulan Juni
sampai dengan bulan November tahun 2022 dari dana BOP Kinerja.