Implementasi Bauran Pemasaran pada Seblak Preanger Jember
Abstract
Bisnis makanan dan minuman tidak pernah mati, karena setiap manusia pasti
membutuhkan makan dan minum, salah satu bentuk usaha makanan dan minuman
yaitu berbentuk UMKM, meningkatnya jumlah usaha mikro, kecil dan menengah di
Jawa Timur sebanyak 9.782.262 unit, dan Kabupaten Jember menjadi kabupaten
dengan jumlah UMKM terbanyak se-Jawa Timur yaitu 647.416 unit, oleh karena itu,
UMKM dituntut untuk memikirkan dan menerapkan strategi pemasaran yang tepat
serta inovatif agar bisa bersaing dan bisa mengembangkan bisnisnya. Salah satu
UMKM di Jember yaitu Seblak Preanger, Seblak Preanger merupakan UMKM yang
bergerak dalam usaha kuliner, khususnya menjual seblak sebagai menu utama.
Semakin banyak pesaing yang menjual seblak membuat Seblak Preanger harus
menyusun strategi pemasaran yang tepat, hal tersebut menimbulkan pertanyaan bagi
peneliti bagaimana strategi pemasaran yang digunakan oleh Seblak Preanger agar
bisa bersaing dan tetap bertahan ditengah banyaknya pesaing baru yang muncul.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis penerapan bauran
pemasaran pada Seblak Preanger. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
kegiatan pemasaran yang digunakan oleh Seblak Preanger yaitu menerapkan
marketing mix 4P (product, price, place, promotions).
Produk (product) Seblak Preanger menjual 5 macam menu seblak, 5 macam
menu mie, 6 macam menu baso aci, 9 macam menu camilan, 3 produk instan, 43
macam menu topping, dan 27 macam menu minuman. Harga (price) produk yang
ditawarkan Seblak Preanger mulai dari Rp. 1.000 - Rp. 20.000. Lokasi (place) Seblak
Preanger terletak di Jalan Sumatra 122a, Sumbersari, Jember, sebagai lokasi utama
dan memiliki 22 outlet yang tersebar di berbagai wilayah/kabupaten di Jawa Timur
serta 1 outlet terletak di Bandung, Jawa Barat. Kegiatan promosi (promotion) yang
diterapkan Seblak Preanger meliputi word of mouth, sales promotion, personal
selling, advertising, public relation, direct marketing, social media marketing. Seblak
Preanger dalam penerapan social media marketing, menerapkan 5 media sosial yaitu
instagram, tiktok, whatsapp, facebook dan youtube.