• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Berdasarkan Teori Van Hielle dalam Menyelesaikan Permasalahan Tabung pada Siswa Kelas VIII

    Thumbnail
    View/Open
    Nyimas Maghfirotun Nisa_180210101060 (689.8Kb)
    Date
    2023-07-31
    Author
    NISA, Nyimas Maghfirotun
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Menurut Prihandoko dalam Asmianti & Hidayah (2019) geometri adalah salah satu bagian dalam matematika yang diawali oleh sebuah titik. Titik tersebut dapat membentuk suatu garis yang dapat menyusun suatu bidang dan mengkontruksi macam-macam bangun datar dan segi banyak. Kemudian segi banyak dapat membentuk suatu bangun ruang. Geometri membutuhkan tingkat berpikir tinggi serta dapat memvisualisasikan gambar dengan baik, sehingga menyebabkan siswa kesulitan dalam belajar geometri (Yanty Putri Nasution, 2017). Strategi yang dapat membantu dalam mengatasi kesulitan siswa belajar geometri adalah dengan menggunakan level berpikir dalam teori belajar yang dikemukakan oleh van Hiele. Pelitian ini akan membahas pengaruh teori van Hiele melalui media tabung untuk meningkatkan pemahaman siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana kemampuan berfikir kreatif siswa dalam level visualisasi pada teori van Hiele? Bagaimana kemampuan berfikir kreatif siswa dalam level analisis pada teori van Hiele? Bagaimana kemampuan berfikir kreatif siswa dalam level pengurutan pada teori van Hiele? Bagaimana kemampuan berfikir kreatif siswa dalam level deduksi pada teori van Hiele? Bagaimana kemampuan berfikir kreatif siswa dalam level rigor pada teori van Hiele? Tujuan dalam penelitan ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berfikir kreatif siswa dalam level visualisasi pada teori van Hiele. Untuk mendeskripsikan kemampuan berfikir kreatif siswa dalam level analisis pada teori van Hiele.Untuk mendeskripsikan kemampuan berfikir kreatif siswa dalam level pengurutan pada teori van Hiele.Untuk mendeskripsikan kemampuan berfikir kreatif siswa dalam level deduksi pada teori van Hiele.Untuk mendeskripsikan kemampuan berfikir kreatif siswa dalam level rigor pada teori van Hiele. Manfaat dari penelitian ini diantaranya bagi siswa, dapat mengetahui tingkat kemampuan siswa dalam berfikir kreatif melalui metode van Hiele. bagi guru, dapat memperoleh bahan ajar siswa terkait model pembelajaran van Hiele sebagai salah satu media pembelajaran matematika pada pokok bahasan tabung; bagi peneliti, dapat menambah pengetahuan dan wawasan tentang Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Berdasarkan Teori Van Hiele Dalam Menyelesaikan Permasalahan Tabung Pada Siswa Kelas VIII; bagi peneliti lain, sebagai referensi untuk penelitian lebih lanjut mengenai Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Berdasarkan Teori Van Hiele Dalam Menyelesaikan Permasalahan Tabung Pada Siswa Kelas VIII. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pada penelitian ini akan dideskripsikan terkait tingkatan berpikir kreatif siswa SMP kelas VIII dalam menyelesaikan soal yang diberikan. Daerah penelitian merupakan lokasi atau tempat yang dipilih untuk melakukan penelitian. Metode yang digunakan dalam penentuan daerah penelitian adalah purposive area yakni secara sengaja karena beberapa faktor pertimbangan. Pada penelitian ini, diambil siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Yosowilangun yang terdiri dari seluruh siswa dalam 1 kelas sebagai populasi, kemudian diberikan tes permasalahan matematika untuk mengkategorikan siswa berdasarkan metode van Hiele dan selanjutnya dilakukan observasi untuk mengetahui tingkat berfikir kreatif siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang berada pada tingkat tinggi di van Hiele tidak semuanya memiliki tingkat berfikir kreatif yang tinggi. Sedangkan siswa yang berada pada tingkat rendah di van Hiele juga tidak semuanya memiliki tingkat berfikir kreatif yang rendah. Hal ini dapat dilihat dari proses pengerjaan siswa tergantung pada pengalaman siswa dalam belajar dan proses yang dilakukan siswa yang beerbeda-beda dalam penyelesaian soal tes. Saran yang dapat diperikan peneliti yaitu bagi guru untuk mempertimbangkan mengetahui dan menganalisis kemampuan berpikir kreatif siswa dan bagi siswa, hendaknya meningkatkan kreatif dalam mengerjakan soal dan tidak terpaku pada rumus.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125864
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15475]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository