Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION terhadap Kemampuan Berpikir Spasial dan Hasil Belajar Siswa SMA
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran Team
Assisted Individualization terhadap kemampuan berpikir spasial dan hasil belajar
siswa SMA. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian
nonequivalent control group serta pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan
sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Data
dikumpulkan melalui tes kemampuan berpikir spasial dan tes hasil belajar
kemudian di uji menggunakan Independent Sample T-Test. Uji-T yang dilakukan
pada kemampuan berpikir spasial menunjukkan nilai 0.001 sehingga disimpulkan
bahwa model Team Assisted Individualization memiliki pengaruh yang signifikan
terhadap kemampuan berpikir spasial. Uji-T yang dilakukan pada hasil belajar
menunjukkan nilai 0.000 sehingga disimpulkan bahwa model Team Assisted
Individualization memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar. Uji
gain kemampuan berpikir spasial dan hasil belajar pada kelas eksperimen
memiliki nilai yang lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Hal ini menunjukkan
bahwa model Team Assisted Individualization dapat meningkatkan kemampuan
berpikir spasial dan hasil belajar siswa