Pengaruh Harga Jasa Serivice dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus pada AHASS 0591 Gono Motor 1 Jember)
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Harga jasa servis dan Kualitas Pelayanan
Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Ahass 0591
Gono motor 1 jember”
Tujuan penelitian ini antara lain untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
harga jasa servis terhadap kepuasan pelanggan pada AHASS-GONO Motor. Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan
pelanggan pada AHASS-GONO Motor. Untuk mengetahui dan menganalisis
pengaruh harga jasa servis terhadap loyalitas pelanggan pada AHASS-GONO
Motor. Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelanggan terhadap
loyalitas pelanggan pada AHASS-GONO Motor. Untuk mengetahui dan
menganalisis pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada
AHASS-GONO Motor.
Berdasarkan hasil penelitian terhadap variabel harga jasa servis, kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan dan loyalitas dalam penelitian ini. 1) Harga jasa servis
berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan AHASS Gono Motor 1 Jember,
penetapan harga yang ditawarkan tidak jauh berbeda dengan bengkel AHASS lain
dan bengkel umum lainnya namun memiliki kelebihan karena para montir telah
memiliki keahlian khusus dan sertifikat atas kemampuannya dalam memberikan
layanan service kendaraan bermotor. 2) Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap
kepuasan pelanggan AHASS Gono Motor 1 Jember, kualitas pelayanan pada
AHASS Gono Motor 1 Jember dipersepsikan baik oleh responden karena pelayanan yang diberikan cepat, tanggap dan karyawan ramah dalam memberikan pelayanan, hal ini yang menjadikan mayoritas konsumen merasa puas terhadap
bengkel resmi Honda tersebut. 3) Harga jasa servis berpengaruh terhadap loyalitas
pelanggan AHASS Gono Motor 1 Jember, penetapan harga yang ditawarkan dipersepsikan sesuai dengan jasa yang diberikan sehingga pelanggan percaya bahwa
harga tersebut sesuai dengan manfaat yang akan diperoleh dan menjadikan
pelanggan tidak beralih pada bengkel lainnya untuk melakukan jasa service.
4)Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan AHASS Gono
Motor 1 Jember, pelayanan yang baik dan cepat menjadikan para pelanggan tidak
ragu untuk kembali menggunakan jasa AHASS-GONO Motor daripada bengkel
lainnya. 5) Kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan
AHASS Gono Motor 1 Jember, perusahaan berupaya memberikan kepuasan
kepada para pelanggannya dengan memberikan jasa dengan maksimal dan harga
yang bersaing dengan bengkel lainnya sehingga menciptakan loyalitas bagi
pelanggannya yang ditunjukan dengan keinginan pelanggan melakukan service
ulang dikemudian hari pada AHASS-GONO Motor.
Berdasarkan hasil penelitian, adapun saran yang dapat diberikan kepada Pemilik AHASS Gono Motor 1 Jember. Bagi pemilik AHASS Gono Motor 1 Jember
sebaiknya memperhatikan beberapa indicator yang dianggap kurang maksimal
dalam penelitian ini seperti, pada variabel harga jasa servis indicator kesesuaian
harga jasa dengan manfaat dimana harga jasa yang ditawarkan untuk ongkos service harus tidak jauh berbeda dengan harga spearpart tambahan yang digunakan
untuk memperbaiki kendaraan pelanggan. kualitas pelayanan pada indicator jaminan atau assurance dimana perusahaan harus tetap memberikan jaminan atas
pemberian garansi jika kendaraan yang sudah diperbaiki masih mengalami kerusakan dibeberapa hari kemudian.