• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Efektivitas Pelaksanaan Program Indonesia Pintar di SMA Muhammadiyah 3 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Teguh Kharisma Eka Saputra_160210301039 (1.067Mb)
    Date
    2023-06-07
    Author
    SAPUTRA, Teguh Kharisma Eka
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Salah satu hal yang sangat penting bagi kemajuan suatu negara ialah adanya pendidikan yang memadai. Seperti di negara - negara lain, Indonesia menempatkan pendidikan sebagai prioritas utama dalam suatu pembangunan nasional. Sesuai pada pasal 31 ayat 2 Undang – undang Dasar 1945 yang berbunyi, “setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib menbiayainya.” Namun fakta dilapangan, masih banyak warga negara yang belum mendapatkan haknya dalam mengenyam pendidikan yang layak. Faktor penyebab utamanya yaitu karena permasalahan kemiskinan, serta faktor ekonomi keluarga. Maka dari itu, untuk mengatasi permasalah pendidikan di Indonesia pada jenjang sekolah, pemerintah menggagas sebuah program yang bernama Program Indonesia Pintar. Program Indonesia Pintar ialah sebuah program bantuan pendidikan yang ditujukan untuk siswa dari keluarga yang kurang mampu agar siswa yang terbantu bisa menyelesaikan sekolahnya sampai dengan 12 tahun (lulus Sekolah Menengah Atas / Sederajad). Namun pada proses pelaksanaannya baik dalam proses penjaringan calon penerima bantuan program, sosialisasi, penyelenggaraan serta monitoring dan evaluasi masih terdapat beberapa kendala. Dengan demikian, peneliti ini bertujuan untuk melihat efektivitas pada pelaksanaan Program Indonesia Pintar di SMA Muhammadiyah 3 Jember. Jenis penelitian ini ialah penelitian evaluasi dengan menggunakan instrumen penelitian berupa angket kuisioner. Untuk menentukan responden, peneliti menggunakan metode probability sampling yaitu sampel penelitian memiliki kesempatan yang sama sebagai sampel. Adapun sampel penelitian ini sebanyak 60 responden yaitu siswa SMA Muhammadiya 3 Jember yang menerima Program Indonesia Pintar. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa tingkat efektivitas pelaksanaan Program Indonesia Pinta di SMA Muhammadiyah 3 Jember berjalan cukup efektif diukur dengan empat indikator, yaitu Conteks, Input, Proses, dan Produk. Indikator conteks PIP menganalisis tentang seberapa besar tingkat efektivitas tujuan di gagasnya PIP dalam mengatasi permaslahan biaya pendidikan di SMA Muhammadiyah 3 Jember, dan hasilnya cukup efektif karena tujuan PIP telah sesuai yaitu untuk mengatasi permasalahan pembiayaan pendidikan di SMA Muhammadiyah 3 Jember. Kemudian indikator input PIP, menganalisis tentang ketepatan sasaran PIP, juga telah berjalan cukup efektif. Karena sebagian besar penerima PIP merupakan dari keluarga yang kurang mampu, walaupun ada beberapa penerima yang masih kurang tepat sasaran. Kemudian indikator yang ketiga yaitu Proses, pada indikator ini peneliti menganalisis tentang pemahaman siswa terhadap hak, kewajiban serta penggunaan dana PIP. Hasil dari penelitian yaitu cukup efektif karena sebagian besar responden telah mengetahui hak, kewajiban, serta pemanfaatan dana PIP untuk kebutuhan sekolahnya. Indikator yang terakhir yaitu indikator produk, pada indikator produk menganalisis tentang seberapa besar dampak adanya PIP terhadap siswa penerima PIP di SMA Muhammadiyah 3 Jember. Peneliti menganalisis diantaranya yaitu tentang bagaimana peran PIP dalam menambah akses bantuan pendidikan kepada siswa yang kurang mampu, berkurangnya tingkat putus sekolah, dan membantu mengurangi biaya pendidikan di SMA Muhammadiyah 3 Jember. Dan hasinya juga cukup efektif, dimana siswa dapat merasakan manfaat adanya PIP yaitu melalui terbantunya biaya pendidikan mereka, serta ada juga siswa yang putus sekolah karena biaya pendidikan, kemudian ditarik kembali untuk bersekolah.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125836
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15272]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository