Militansi dan Nilai Filantropi dalam Tagar #eaJCharity oleh Penggemar Eaj Park Melalui Twitter
Abstract
Fenomena tagar #eaJCharity yang naik pada tanggal 15 September 2022 merupakan sebuah aktivitas donasi kolektif yang dilakukan oleh Jars atau sebutan bagi komunitas penggemar Eaj Park melalui media sosial Twitter. Peristiwa tersebut menarik sebab merupakan sebuah peristiwa kolektif yang menunjukkan pembentukan militansi penggemar yang positif oleh Jars sebab terdapat penegosiasian akan nilai-nilai filantropi. Pembentukan militansi melalui negosiasi atas nilai filantropi tersebut dikaitkan dengan konsep budaya populer yang merepresentasikan kenikmatan Jars atas budaya Kpop, konsep homo digitalis yang melihat Jars sebagai pengguna media sosial, serta media adalah pesan yang menjelaskan sistem kerja media sosial memengaruhi aktivitas penggunanya. Temuan dalam penelitian ini menyatakan setiap tindakan donasi yang dilakukan oleh Jars dalam fenomena ini memiliki pemaknaan dan juga pertimbangan tertentu, salah satunya untuk mencapai rekognisi publik atas identitas serta citra positif komunitas, hingga pemahaman atas suatu isu tertentu tanpa menghilangkan aspek pemujaan terhadap idolanya. Melalui metode penelitian kualitatif dengan pendekatan netnografi, penelitian ini menganalisis jenis unggahan tertentu yang termuat dalam tagar tersebut dan dikaitkan dengan konsep budaya populer, homo digitalis serta media adalah pesan untuk menggambarkan pembentukan militansi serta penegosiasian nilai filantropi oleh komunitas Jars.