• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Efektivitas Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing dalam Menyelesaikan Soal Program Linear dengan Tahapan APOS Ditinjau dari Adversity Quotient

    Thumbnail
    View/Open
    Repository Skripsi Siti Rofi'ah.pdf (7.798Mb)
    Date
    2024-02-26
    Author
    ROFI'AH, Siti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran berdiferensiasi menjadi salah satu aspek penting dalam kurikulum merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran penemuan terbimbing terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita program linear dengan tahapan APOS. Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal berkaitan dengan tipe daya juang, sehingga dilakukan desain pembelajaran menggunakan tiga macam LKPD berbeda pada stimulus yang diberikan berdasarkan tipe adversity quotient. Penelitian ini menggunakan jenis ekperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan uji statistik terhadap hasil Penilaian Akhir Semester 1 dan dipilih kelas 10A SMA Negeri 1 Tenggarang, Bondowoso. Metode pengumpulan data menggunakan angket AQ, tes, dan wawancara. Data diolah menggunakan bantuan software PSPP dan analisis data menggunakan uji paired sampel t-test, one way anova, dan uji N-Gain. Hasil uji t menunjukkan nilai Sig.(2-tailed) adalah 0,000 yang berarti terdapat pengaruh sebelum dan sesudah diterapkan model penemuan terbimbing terhadap kemampuan penyelesaian soal cerita dengan tahapan APOS. Hasil uji one way anova menunjukkan nilai Sig. adalah 0,431 yang berarti rata-rata kemampuan penyelesaian soal berdasarkan tiga tipe AQ adalah sama. Hasil uji N-Gain Score menunjukkan bahwa sebanyak 100% siswa mengalami kenaikan nilai dari pretest menuju posttest dengan kategori tinggi sebesar 40% dan kategori sedang sebesar 60% yang berarti model pembelajaran penemuan terbimbing efektif diterapkan dalam proses pembelajaran
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125746
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15475]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository