Pengalaman Emosional dan Sosial Orang Tua dalam Merawat Anak dengan Hipospadia
Abstract
Hipospadia memberikan dampak pada penderita dan orang tua penderita. Hal ini menyebabkan kecemasan, kekhawatiran yang akan berdampak pada pembatasan interaksi sosial oleh orang tua penderita. Orang tua memiliki peranan penting yang memengaruhi kondisi anak dengan hipospadia. Pengalaman emosional dan sosial tidak menyenangkan yang dialami oleh orang tua penderita dapat memengaruhi kondisi anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengalaman emosional dan sosial orang tua dalam merawat anak dengan hipospadia. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods (kuantitatif dan kualitatif). Desain penelitian kuantitatif adalah cross sectional menggunakan instrument kuesioner ICCAP (Impact of a Child with Congenital Anomalies on Parents). Sedangkan, penelitian kualitatif dengan desain fenomenologi dilakukan dengan wawancara dengan partisipan penelitian. Pengambilan data dilakukan pada bulan Mei – Agustus 2022 di Rumah Sakit Paru dan Rumah Sakit Bina Sehat Jember. Responden/partisipan penelitian adalah orang tua penderita hipospadia. Responden kuantitatif berjumlah 19 orang dan partisipan kualitatif berjumlah 5 orang. Data dianalisis secara univariat (metode kuantitatif) dan Interpretative Phenomenological Analysis (metode kualitatif). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 31,6% responden merasa sedih, 21,1% merasa bersalah, dan 31,6% merasa cemas atas semua tindakan pengobatan hipospadia yang dijalani. Selain itu, 42,1% orang tua mendapatkan dukungan dari teman dan 89,5% dapat membagikan kekhawatirannya dengan keluarga. Seluruh responden penelitian belum pernah mengetahui dan merawat anak dengan hipospadia sebelumnya. Hal ini dapat menimbulkan perasaan sedih, kekhawatiran, rasa bersalah, dan menimbulkan tantangan tersendiri bagi orang tua. Adanya penjelasan yang lengkap mengenai hipospadia dari dokter dan dukungan dari orang lain dapat membantu mengurangi kecemasan dan kekhawatiran yang dialami.
Collections
- UT-Faculty of Medical [1515]