• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Brain Based Learning Berbantuan Media Quizizz Terhadap Creative Thinking Skills dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Sejarah

    Thumbnail
    View/Open
    Alfira Nurhuwaida Ahmad_200210302015 (2.241Mb)
    Date
    2024-06-24
    Author
    AHMAD, Alfira Nurhuwaida
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan di abad 21 telah melahirkan paradigma baru dalam pembelajaran. Hal ini diwujudkan melalui pembelajaran berbasis teknologi, informasi, dan komunikasi. Seiring berjalannya waktu, guru dan siswa harus memiliki keterampilan abad 21, termasuk komunikasi, kolaborasi, berpikir kreatif, dan berpikir kritis, atau yang biasa disebut 4C. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model brain based learning berbantuan media Quizzizz terhadap creative thinking skills dan hasil belajar peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperimen yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode analisis data yang digunakan meliputi uji ANCOVA dan uji lanjutan berupa LSD (Least Significant Difference) untuk melihat mana dari kedua kelas tersebut, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, yang memiliki pengaruh lebih signifikan terhadap creative thinking skills dan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi tes ANCOVA untuk keterampilan berpikir kreatif adalah 0,000 (0,000 < 0,05) dan hasil belajar adalah 0,001 (0,001 < 0,05), yang berarti terdapat pengaruh positif model brain based learning berbantuan media Quizzizz terhadap creative thinking skills dan hasil belajar peserta didik. Sedangkan berdasarkan hasil uji LSD (Least Significant Difference), menunjukkan bahwa nilai mean difference untuk kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Artinya, kelas eksperimen yang diajarkan menggunakan model brain based learning berbantuan media Quizizz berpengaruh signifikan terhadap creative thinking skills dan hasil belajar peserta didik dibandingkan dengan kelas kontrol yang diajarkan menggunakan model problem based learning. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model brain based learning berbantuan media Quizizz berpengaruh signifikan terhadap creative thinking skills dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran sejarah.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125720
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15272]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository