• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan LKPD Berbasis Engineering Design Process untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa pada Pembelajaran IPA SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Iwang Jouvanda Kasah_200210104075.pdf (6.025Mb)
    Date
    2024-06-12
    Author
    KASAH, Iwang Jouvanda
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran IPA adalah proses pembelajaran tentang alam yang mengajak peserta didik untuk memahami serta mengimplementasikan sains pada kehidupan sehari hari. Kemampuan yang diperlukan siswa pada pembelajaran IPA adalah literasi sains. Literasi sains adalah kemampuan untuk terlibat dalam diskusi dan pemahaman mengenai isu-isu yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan konsep ilmiah. Berdasarkan data yang diperoleh dari Organisation for Economic Cooperation and Development (OECD), literasi sains yang ada di negara Indonesia tergolong rendah. Penyediaan sumber belajar yang berkualitas dapat menunjang literasi sains siswa di Indonesia, salah satunya adalah dengan mengembangkan LKPD berbasis engineering design process. Pembelajaran yang mengimplementasikan LKPD berbasis engineering design process dapat meningkatkan literasi sains karena siswa dapat menerapkan konsep sains, mengidentifikasi isu ilmiah, menjelaskan fenomena ilmiah dan menggunakan bukti ilmiah berdasarkan kehidupan sehari hari. Penelitian ini bertujuan untuk menguji validitas, kepraktisan, dan keefektifan dari LKPD berbasis engineering design process pada materi suhu, kalor, dan pemuaian untuk meningkatkan literasi sains siswa pada pembelajaran IPA SMP. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE dengan langkah langkah yaitu analyze, design, develop, implement, evaluate. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari dari angket validasi, lembar aktivitas siswa, tes literasi sains dan respon siswa. Angket validasi digunakan untuk mengukur tingkat kevalidan produk. Lembar aktivitas siswa untuk mengetahui kepraktisan produk dalam pembelajaran. Tes literasi sains dan angket respon siswa digunakan untuk mengukur keefektifan produk. Hasil yang didapat dari validitas LKPD berbasis engineering design process untuk meningkatkan literasi sains pada pembelajaran IPA SMP materi suhu, kalor dan pemuaian melalui angket validasi oleh tiga validator memperoleh nilai rata rata 90% dengan kriteria sangat valid sehingga dapat digunakan sebagai bahan ajar pembelajaran. Hasil analisis kepraktisan LKPD berbasis engineering design process menggunakan lembar aktivitas siswa dalam penggunaan produk yang dilakukan oleh tiga observer mendapatkan nilai rata rata 86% yang termasuk dalam kategori sangat praktis sehingga dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran. Hasil keefektifan LKPD berbasis engineering design process berdasarkan tes yang terdiri dari pretest dan postest yang menerapkan indikator literasi sains menunjukkan adanya peningkatan dengan nilai N-gain sebesar 0,76 termasuk dalam kategori tinggi yang berarti setelah penggunaan produk yang dikembangkan literasi sains siswa mengalami peningkatan. Hasil keefektifan LKPD berbasis engineering deisgn process berdasarkan angket respon siswa mendapatkan persentase 84% dengan kategori sangat baik yang artinya mendapatkan respon yang baik dari siswa setelah penggunaan LKPD berbasis engineering design process dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil yang telah didapatkan dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis engineering design process pada materi suhu, kalor dan pemuaian valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan literasi sains siswa SMP dan layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran IPA SMP. Saran dari penulis untuk peneliti diharapkan lebih memperhatikan proses penyampaian dan penyajian materi dalam proses pembelajaran serta memahami kemampuan siswa ketika diberikan metode pembelajaran yang baru, karena beberapa siswa terkadang kurang cocok dan sulit menerima metode pembelajaran baru.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125684
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15475]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository