• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Metode Sosiodrama Terhadap Leadership-skill Peserta Didik dalam Pembelajaran Sejarah

    Thumbnail
    View/Open
    Aulia Rachmanita Putri_200210302006 (2.205Mb)
    Date
    2024-07-09
    Author
    PUTRI, Aulia Rachmanita
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Leadership-skill merupakan kualitas atau keterampilan yang sangat diperlukan untuk peserta didik. beberapa metode pembelajaran, secara teori dapat memfasilitasi peserta didik untuk meningkatkan leadership-skill nya, salah satu metode yang relevan adalah Metode Sosiodrama. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi pengaruh penerapan metode sosiodrama terhadap leadership-skills dan mengidentifikasi efektifitas metode sosiodrama terhadap peningkatan leadership-skills peserta didik dalam pembelajaran Sejarah peserta didik kelas XI di SMAN 1 GIRI Taruna Bangsa Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Experimental Design model Nonequivalent Control Group Design. Hasil Uji ANCOVA pada keterampilan kepemimpinan (leadership-skill) memperoleh nilai Sig. 0,000 < 0,005, yang berarti menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah penerapan metode Sosiodrama terhadap Leadership-skill peserta didik pada pembelajaran sejarah materi masuknya kedatangan bangsa Jepang; Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah: (1) Terdapat perbedaan sebelum dan sesudah penerapan metode sosiodrama untuk meningkatkan leadership-skill peserta didik dalam pembelajaran sejarah; (2) Terdapat pengaruh metode sosiodrama terhadap leadership-skill peserta didik dalam pembelajaran sejarah. Dengan adanya penelitian ini menyatakan bahwa dengan menggunakan Metode Sosiodrama dapat meningkatkan keterampilan peserta didik yakni Leadership-skill.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125679
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15475]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository