Show simple item record

dc.contributor.authorIda Purwati
dc.date.accessioned2013-12-24T07:27:29Z
dc.date.available2013-12-24T07:27:29Z
dc.date.issued2013-12-24
dc.identifier.nimNIM070210192053
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12564
dc.description.abstractTercapainya hasil belajar yang maksimum tidak terlepas dari peran guru. oleh karena itu, guru fisika hendaknya dapat menerapkan model pembelajaran yang dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpartisipasi aktif serta merangsang siswa selalu aktif mengajukan pertanyaan dan mengajarkan kepada siswa untuk menyelidiki suatu masalah dan memecahkannya dengan kondisi kelas yang menyenangkan. Dasar dari pemecahan masalah adalah kemampuan untuk belajar dalam situasi proses berfikir dengan kondisi kelas yang menyenangkan. Hal itu dapat dicapai apabila diterapkan model pembelajaran kooperatif. Dalam pembelajaran kooperatif digunakan keterampilan-keterampilan khusus agar dapat bekerja sama di dalam kelompoknya, seperti menjadi pendengar yang baik, memberikan penjelasan kepada teman sekelompok dengan baik, siswa diberi lembar kerja. Kegiatan yang berisi pertanyaan atau tugas yang direncanakan untuk diajarkan selama kerja kelompok, tugas anggota kelompok. Penerapan model kooperatif dapat menggunakan suatu tipe pembelajaran yang diselingi dengan permainan sehingga kondisi dalam kelas menyenangkan. Salah satu tipe pembelajaran kooperatif adalah tipe Snowball Throwing. Pembelajaran dengan tipe Snowball Throwing merupakan pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa belajar bagaimana bekerja secara individu dan secara kelompok serta menyampaikan idea atau gagasan baik secara lisan maupun dari suatu permasalahan. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengkaji perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing disertai diskusi dengan pembelajaran konvensional dalam pembelajaran fisika kelas VII di SMP dan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa selama mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing disertai diskusi dalam pembelajaran fisika kelas VII di SMP. Penentuan tempat penelitian adalah dengan purposive sampling area. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 5 Candipuro. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan teknik cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan control group pre-test and post-test design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawncara, dokumentasi, dan tes. Analisis data dengan menggunakan uji t menunjukkan hasil t tes = 2,69 dan t = 2,18, sehingga t tes > t tabel maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima. Aktivitas belajar siswa pada kelas menggunakan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Snowball Throwing disertai diskusi sebesar 91,16% termasuk dalam ketegori sangat aktif.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210192053;
dc.subjectModel Pembelajaran Kooperatifen_US
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing disertai Diskusi dalam Pembelajaran Fisika kelas VII di SMPen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record