• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Geogebra Materi Volume Kubus Dan Balok

    Thumbnail
    View/Open
    Erisa Luthfiah Ananda_170210101034 (1.111Mb)
    Date
    2024-07-29
    Author
    ANANDA, Erisa Luthfiah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Matematika adalah ilmu dasar yang wajib ditempuh di setiap jenjang pendidikan karena untuk memahaminya diperlukan pembelajaran yang bertahap dan berurutan. matematika merupakan sarana dalam kehidupan sehari-hari karena hampir semua pertimbangan yang akan diambil pasti melalui proses berpikir logis dengan pertimbangan untung rugi, sebab akibat, ataupun perkiraan lain yang akan terjadi. Berdasarkan hal ini, maka matematika menjadi ilmu penting yang perlu dipelajari oleh setiap manusia agar mampu menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Namun, pada kenyataannya peserta didik sering kali mengalami kesulitan dan tidak tertarik dalam belajar matematika. Matematika termasuk salah satu pelajaran yang dianggap sulit oleh peserta didik karena mengaitkan pengetahuan antara penalaran logik dan bilangan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbantuan geogebra yang valid, praktis, dan efektif. Berdasarkan hal tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian pengembangan. Penelitian pengembangan berdasarkan model pengembangan 4D yang terdiri atas empat tahap, yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develope), dan yang terakhir adalah tahap penyebaran (disseminate). Tujuan model pengembangan ini yaitu menghasilkan produk yang bernilai valid, praktis, dan efektif. Adapun subjek penelitian yakni siswa kelas IX SMP Darus Sholihin yang dilakukan selama satu kali pertemuan. Uji kevalidan bahan ajar dan instrumen penelitian dilakukan oleh dua orang validator. Uji kepraktisan dilakukan dengan cara memberikan lembar angket respon siswa setelah menggunakan media pembelajaran berbantuan geogebra. Uji keefektifan dilakukan dengan memberikan soal tes berupa pretest dan posttest.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125642
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15475]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository