Peran Program Pelatihan Pada Kinerja Guru Di RA Perwanida Bendosewu Kabupaten Blitar
Abstract
Setiap guru perlu mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan keprofesionalannya sebagai seorang guru dan kompetensi yang dimiliki. Penting bagi suatu lembaga pendidikan untuk memiliki manajemen sumber daya manusia yang baik. Oleh karena itu, ketika suatu lembaga pendidikan memiliki manajemen sumber daya manusia yang baik maka setiap guru pasti akan mendapatkan kegiatan pengembangan kompetensi dan kinerja termasuk pelatihan. Berkaitan dengan kompetensi guru kegiatan pelatihan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam bidang tertentu sesuai dengan yang diperlukan. Selain itu, tujuan dari kegiatan pelatihan adalah untuk meningkatkan kinerja guru. Kinerja guru adalah kemampuan guru dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai seorang pendidik yang sesuai dengan standar yang telah ditentukan serta didasari oleh pengetahuan, keterampilan, dan motivasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran program pelatihan pada kinerja guru di RA Perwanida Bendosewu Kabupaten Blitar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripti kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa peran program pelatihan yang diikuti oleh guru-guru RA Perwanida Bendosewu hanya sebagai bentuk partisipasi lembaga sebagai anggota dari IGRA selain itu juga sebagai pemenuhan persyaratan dalam akreditasi. Sehingga dalam manajemen program pelatihan di RA Perwanida Bendosewu dilaksanakan tanpa analisis kebutuhan, melainkan menyesuaikan dengan tawaran program-program pelatihan dari IGRA atau pihak lainnya.