• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah SPLDV Berdasarkan Tahapan Polya ditinjau dari Adversity Quotient (AQ)

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI IVENT REPOSITORY.pdf (3.998Mb)
    Date
    2022-03-14
    Author
    ASTIANTARI, Ivent
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin meningkat sehingga saat ini siswa diharapkan memenuhi kompetensi abad ke-21 yang disebut 4C, salah satunya yaitu critical thinking and problem solving (berpikir kritis dan menyelesaikan masalah). Berpikir kritis merupakan suatu proses berpikir reflektif yang berfokus untuk memutuskan apa yang diyakini untuk dilakukan serta berpikir masuk akal. Hal tersebut berarti di dalam berpikir kritis diperlukan pertimbangan sebelum pengambilan keputusan serta dapat memikirkan hal secara logis dan sesuai fakta yang ada. Guna melihat kemampuan berpikir kritis, dalam proses pembelajaran diperlukan adanya kegiatan yang dapat melatih kemampuan berpikir kritis siswa. Salah satu kegiatan tersebut adalah menyelesaikan masalah matematika. Dalam menyelesaikan masalah bukan hanya sekedar mendapat hasil akhir, namun dibutuhkan proses penyelesaian matematika sehingga mendapat jawaban akhir tersebut. Salah satu metode penyelesaian masalah adalah menggunakan tahapan Polya. Berpikir kritis dalam menyelesaikan masalah pada penelitian ini adalah proses dimana siswa menyelesaikan masalah yang diberikan dengan menghubungkan pengetahuan yang dimilikinya berdasarkan tahapan Polya yang dikombinasikan dengan 6 kriteria berpikir kritis FRISCO yaitu Focus, Reason, Inference, Situation, Clarity, dan Overview. Keterampilan siswa dalam menghadapi kesulitan akan menentukan bagaimana mereka dalam menyelesaikan permasalahan yang diberikan. Masing-masing siswa bebas menggunakan pengetahuan dan keterampilan untuk menyelesaikan masalah sesuai dengan adversity quotient (AQ) yang dimiliknya. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, menyatakan bahwa siswa dengan tipe climber dapat menyelesaikan permasalahan yang diberikan dengan baik dan tepat waktu serta memenuhi seluruh kriteria berpikir kritis FRISCO, yaitu focus, reason, inference, situation, clarity, dan overview. Pada kriteria overview terdapat dua indikator yaitu siswa melakukan pengecekan kembali terhadap hasil penyelesaian dan siswa memiliki alternatif lain dalam penyelesaian. Siswa Ci1 melakukan pengecekan kembali hasil pengerjaan dan memiliki alternatif lain, sedangkan siswa Ci2 hanya melakukan pengecekan kembali namun tidak memiliki alternatif lain. Siswa dengan tipe camper dapat menyelesaikan permasalahan yang diberikan dengan baik dan tepat waktu serta dapat memenuhi empat kriteria berpikir kritis FRISCO, yaitu focus, reason, inference, situation, dan clarity. Kedua siswa tipe camper tidak melakukan pengecekan kembali hasil pengerjaan dan juga tidak memiliki alternatif lain, sehingga tidak memenuhi kriteria overview. Siswa dengan tipe quitter tidak dapat menyelesaikan permasalahan dengan baik sesuai waktu yang ditentukan. Kedua siswa tipe quitter mengalami kesulitan dalam memahami permasalahan yang diberikan sehingga tidak dapat menyelesaikan permasalahan yang diberikan secara tepat waktu. Kedua siswa tersebut hanya dapat menuliskan metode yang digunakan dan menyelesaikan beberapa langkah pengerjaan hingga kemudian berhenti di tengah jalan. Siswa tipe quitter hanya dapat memenuhi dua kriteria berpikir kritis FRISCO, yaitu focus dan clarity saja.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125622
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository