• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Identifikasi Tingkat Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Sejarah Angkatan 2022 Gelombang 1 Universitas Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Anita Verawati_170210302035 (1.217Mb)
    Date
    2024-07-05
    Author
    VERAWATI, Anita
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan telah memasuki abad ke-21 yang memiliki ciri khas berbeda dengan abad sebelumnya, Perbedaan utamanya terletak pada teknologi, informasi dan komunikasi (TIK), yang sangat mempengaruhi cara hidup kita dalam bekerja, belajar, dan mengajar. Kemajuan dalam bidang TIK telah membawa dunia pendidikan ke era digital, di mana pengetahuan berkembang dengan sangat cepat. Selain itu karakteristik peserta didik yang yang telah akrab dengan teknologi digitalisasi serta kemampuan sekolah dalam menunjang peralatan teknologi semakin mendorong integrasi TIK dalam pembelajaran. Dalam berbagai literatur TIK telah disepakati sebagai salah satu media yang menciptakan pembelajaran efektif. Guru menjadi salah satu kunci keberhasilan pendidikan karena guru memiliki peran central dalam proses pembelajaran. Fungsi utama guru dalam pembelajaran adalah sebagai perencana (planner), pelaksana (organizer) dan penilai (evaluator).Tentu saja untuk menjalankan fungsinya dalam pembelajaran guru haruslah memiliki kompetensi agar tujuan dari pendidikan tersebut dapat tercapai secara maksimal. Salah satu keterempilan yang harus dimiliki oleh guru ialah keterampilan terkait Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK). Keterampilan TPACK merupakan keterampilan dimana guru dapat megkolaborasikan pengetahuan terkait materi, metode dan pendekatan belajar mengajar serta pegntegrasian teknologi dalamproses belajar mengajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) mahasiswa Pedidikan Profesi Guru (PPG) tahun angkatan 2022 gelombang 1 di Universitas Jember. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengidentifikasiterkait tingkat pemahaman Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) mahasiswa Pedidikan Profesi Guru (PPG). Manfaat penelitian ini antara lain untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman mahasiswa PPG terkait TPACK, dapat menjadi acuan bagi lembaga pendidikan dalam mengidentifikasi Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK), sebagai masukan dan tambahan pegetahuan bagi peneliti lain guna mengembangkannya. Jenis penelitian yag digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Metode peelitian yag digunakan dalam pengumpulan data adalah survey. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data berupa angket/kuesioner dan instrumen wawancara. Penelitian ini dilaksaakan di lingkungan FKIP Universitas Jember yang dilaksanakan pada bulan Januari hingga Mei 2024. Penelitian ini melibatkan 25 mahasiwa tahun angkatan 2022 yang telah melaksanakan praktik pendidikan lapangan. Hasil penelitian dan analisis data, diperoleh sebagai berikut: Tingkat Pedagogical Knowledge (PK) secara keseluruhan diperoleh mean sebesar 4.30 > 4.21 dengan standart deviation .452, Tingkat Content Knowledge (CK) secara keseluruhan diperoleh mean sebesar 4.16 > 3.21 dengan standart deviation .746 Tingkat Technological Knowledge (TK) secara keeluruhan diperoleh mean sebesar 4.39 > 4.21 dengan standart deviation .553, Tingkat Pedagogical Content Knowledge (PCK) secara keseluruhan diperoleh mean sebesar 4.26 > 4.21 dengan standart deviation .431, Tingkat Technological Content Knowledge (TCK) secara keseluruhan diperoleh mean sebesar 4.41 > 4.2 dengan standart deviation .640, Tingkat Technological Pedagogical Knowledge (TPK) secara keseluruhan diperoleh mean sebesar 4.46 > 4.21 dengan standart deviation .443, Tingkat Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) secara keseluruhan diperoleh mean sebesar 4.20 > 3.21 dengan standart deviation .601. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa tingkat Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan berada di tingkat yang baik dengan kategori “Tinggi”. Sehingga calon guru sejarah perlu mempertahankan adanya pemanfaatan teknologi kedalam prosesbelajar mengajar untuk mempertahankan atau meningkatkan kualitas pembelajaran sejarah menjadi lebih baik.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125541
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15475]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository