• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peran Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di TK Kartika IV-73

    Thumbnail
    View/Open
    Nabilatul Mufidah_200210205060 (1.005Mb)
    Date
    2024-07-21
    Author
    MUFIDAH, Nabilatul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kurikulum menjadi salah satu faktor penunjang mutu Pendidikan yang secara dinamis akan berubah dengan perkembangan zaman. Pemerintah menerbitkan Kurikulum Merdeka untuk pemulihan pembelajaran yang disebabkan learning loss. Kurikulum Merdeka pada jenjang anak usia dini pada proses pembelajaran diterapkan pada “merdeka belajar, merdeka bermain”. Hal pokok merdeka belajar dituangkan dalam kebebasan dalam mengekspresikan dan mengeksplorasi ide, gagasan dan imajinasi nya. Pembelajaran yang dikonsep dengan landasan menyenangkan, realistis, lebih mendalam dan interaktif. Implementasi Kurikulum Merdeka tidak lepas dari peran guru. Guru memiliki peran penting dalam tugas merancang pembelajaran sesuai dengan pedoman penerapan Kurikulum Merdeka. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti di TK Kartika IV-73 Kurikulum Merdeka mulai diterapkan pada tahun ajaran 2023/2024. Implementasi Kurikulum Merdeka yang diterapkan di masing-masing kelas berbeda. Setiap guru memiliki metode pembelajaran dan kegiatan yang bervariatif antar kelas. Berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik untuk meneliti Peran Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di TK Kartika IV-73. Berdasarkan uraian tersebut, rumusan masalah penelitian ini yakni: Bagaimana Peran Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di TK Kartika IV-73 Kabupaten Jember? Subjek penelitian ini yaitu guru dan kepala sekolah TK Kartika IV-73 Jember. Jenis penelitian ini dengan metode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian di TK Kartika IV-73 Jember tentang peran guru dalam implementasi Kurikulum Merdeka sebagai peran developers, implementers, adapters dan researchers. Guru sebagai developers berperan dalam tim penyusun Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan yang memberikan masukan untuk perencanaan kegiatan harian, perangkat ajar, media dan alat pembelajaran, mengkategorikan hari-hari efektif dan hari kegiatan lain, kegiatankegiatan di luar jam pembelajaran, pertemuan rutin (rapat maupun parenting orang tua), tema pembelajaran, materi dan jadwal Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Guru sebagai implementers berperan penuh dalam strategi maupun metode yang digunakan di dalam kelas masing-masing. Guru sebagai researchers guru berperan mengumpulkan data capaian anak berupa ceklis dan catatan anekdot setiap hari, juga portofolio pada waktu tertentu. Namun data tersebut belum digunakan dalam evaluasi perkembangan anak. Evaluasi dilakukan berdasarkan pengalaman sehari-hari. Evaluasi ditentukan berdasarkan masukan sesama guru dan terinspirasi dari Platform Merdeka Mengajar. Guru sebagai adapters ditunjukkan pada peran menyelaraskan pemilihan materi P5 dengan kearifan lokal dan budaya setempat. Namun adaptasi belum dilakukan untuk bakat, minat dan kebutuhan khusus anak.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125523
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15456]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository