Show simple item record

dc.contributor.authorSANANDA, Dina
dc.date.accessioned2025-02-24T23:40:40Z
dc.date.available2025-02-24T23:40:40Z
dc.date.issued2024-05-31
dc.identifier.nim200210101043en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125513
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 25 Pebruari 2025en_US
dc.description.abstractData Rapor Pendidikan Indonesia tahun 2023 memperlihatkan bahwa kemampuan numerasi siswa di Indonesia masih rendah. Salah satu penyebabnya karena siswa tidak suka mengerjakan soal matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan hasil pengembangan soal aljabar model AKM dengan konteks khusus, yaitu sosial budaya. Penggunaan konteks khusus dalam soal AKM diharapkan dapat menambah minat siswa untuk mengerjakan soal AKM. Penelitian ini menerapkan model pengembangan 4-D modifikasi. Langkah penelitian yang digunakan meliputi pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Soal AKM yang dikembangkan menggunakan konten aljabar, konteks sosial budaya, dan level kognitif yang knowing, applying, dan reasoning. Produk yang dikembangkan meliputi kisi-kisi, soal AKM dan kunci jawabannya, serta panduan penskoran. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A dan VIII-C SMPN 1 Wlingi Blitar. Skor tes siswa kemudian diproses dan diuji menggunakan pemodelan Rasch. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebanyak 10 butir soal memenuhi kategori valid karena telah memenuhi setidaknya salah satu kriteria validitas, diantaranya ialah Outfit Mean Square (MNSQ), Outfit Z-Standard (ZSTD), dan Point Measure Correlation (Pt Mean Corr) dengan masing-masing nilainya berturut-turut ialah 0,5 < 𝑀𝑁𝑆𝑄 < 1,5; −2,0 < 𝑍𝑆𝑇𝐷 < 2,0; dan 0,4 < 𝑃𝑡 𝑀𝑒𝑎𝑛 𝐶𝑜𝑟𝑟 < 0,85. Selain itu, soal telah memenuhi kriteria reliabel karena memiliki nilai reliabilitas 0,88. Pada penelitian ini, model Rasch membagi kelompok kemampuan numerasi siswa menjadi 2 kategori, yakni siswa berkemampuan numerasi rendah sebanyak 75% dan 25% lainnya berkemampuan numerasi tinggi.en_US
dc.description.sponsorshipDr. Dian Kurniati, S.Pd., M.Pd. Ervin Oktavianingtyas, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectKONTEKS SOSIAL BUDAYAen_US
dc.subjectPENGEMBANGAN SOALen_US
dc.subjectKONTEN ALJABARen_US
dc.subjectASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM)en_US
dc.titlePengembangan Soal Aljabar Model AKM dengan Konteks Sosial Budaya untuk Mengukur Kemampuan Numerasi Siswa SMPen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Matematikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Dian Kurniati, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Ervin Oktavianingtyas, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_ratna_Februari 2025en_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record