Show simple item record

dc.contributor.authorVera Andika Permata Sari
dc.date.accessioned2013-12-24T07:22:10Z
dc.date.available2013-12-24T07:22:10Z
dc.date.issued2013-12-24
dc.identifier.nimNIM100903102002
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12548
dc.description.abstractPraktek kerja nyata ini dilakukan di Hotel Istana Jember mulai tanggal 18 Februari sampai 18 April 2013 dengan ditempatkan di bagian departemen Housekeeping, kegiatan yang dilakukan meliputi kegiatan Housekeeping seperti, making bed, make up room, cleaning bath room. Seluruh kegiatan housekeeping mempunyai prosedur pelaksanaan yang harus dilakukan oleh setiap roomboy seperti halnya ketika akan memasuki kamar tamu diharuskan untuk mengetuk pintu dengan menyebutkan identitas terlebih dahulu, jangan membuka pintu yang ada tanda DD (Do Not Disturb) dan dikunci ganda, apabila tidak ada jawaban dari dalam kamar masukan anak kunci dan buka pintu secara perlahan sambil menyebutkan idientitas, jika kamar dalam keadaan kosong roomboy dapat mulai membersihkan kamar. Dalam pembersihan kamar prosedur yang harus dilakukan oleh seorang roomboy adalah menyalakan semua lampu, mematikan AC membuka tirai dan jendela agar terjadi pertukaran udara, mengumpulkan semua kotoran, sampah dan linen kotor bawa ke trolly dan kembali ke kamar dengan membawa linen bersih yang diperlukan. Setelah itu proses Making bed dapat di lakukan sesuai dengan prosedur yang telah di tetapkan yaitu memisahkan mattress dari had mattress dan mulai menebarkan sheet pertama, kedua, blanket, dan top shet lalu di tutup dengan bed cover, bungkus pillow dengan pillow case dan letakan di bagian atas dengan posisi lubang berada di tengah Prosedur yang harus dilakukan dalam membersihkan kamar mandi adalah, membersihkan toilet bowl, bath tub, wash basin, dan mengepel lantai menggunakan obat pembersih yang disedikan dan peralatan yang ada. Bagian akhir adalah menata guest aminities dan supplies sesuai dengan yang di perlukan dan diletakan pada tempat yang seharusnya sehingga dapat digunakan dengan mudah oleh tamu. Selain kebersihan kamar departemen housekeeping juga bertanggung jawab pada kebersihan lingkungan hotel, seperti koridor, lobby, pantry, meeting room¸dan toilet umum. Dalam melaksanakan kegiatan pembersihan departemen housekeeping memerlukan peralatan dan obat-obat pembersih yang dapat membantu proses kegiatan dan meningkatkan hasil kerja, seperti vacuum cleaner, toilet brush, hand brush, squeegee, mop, mop handle, dust pan, trolli, dust cloth, sponge, dan obat yang diperlukan adalah, multipurpose, freshly, cif, applied 4000, fast go, go gatter. Hasil laporan selama melakukan kegiatan Praktek Kerja Nyata disimpulkan bahwa Housekeeping department merupakan departemen yang memegang peranan penting di hotel. Departemen ini bertugas menyiapkan kamar-kamar yang akan dijual serta memeriksa kelengkapan fasilitas yang diperlukan, selain itu departemen ini juga bertanggung jawab pada kerapian, kebersihan, keindahan dan kenyamanan diseluruh area hotel, baik diluar ataupun di dalam gedung. Selama melakukan kegiatan Praktek Kerja Nyata penulis dapat mengetahui peranan housekeepingdalam menjalankan tugas-tugasnya mempersiapkan kamar dan menjaga kebersihan lingkungan hotel.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100903102002;
dc.subjectHousekeeping departementen_US
dc.titlePeranan Housekeeping Department Pada Hotel Istana Jemberen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • DP-Travel Agent [250]
    Koleksi Laporan Praktikum Program DIII Usaha Perjalanan Wisata

Show simple item record