Peranan Housekeeping Department Pada Hotel Istana Jember
Abstract
Praktek kerja nyata ini dilakukan di Hotel Istana Jember mulai tanggal 18
Februari sampai 18 April 2013 dengan ditempatkan di bagian departemen
Housekeeping, kegiatan yang dilakukan meliputi kegiatan Housekeeping seperti,
making bed, make up room, cleaning bath room. Seluruh kegiatan housekeeping
mempunyai prosedur pelaksanaan yang harus dilakukan oleh setiap roomboy
seperti halnya ketika akan memasuki kamar tamu diharuskan untuk mengetuk
pintu dengan menyebutkan identitas terlebih dahulu, jangan membuka pintu yang
ada tanda DD (Do Not Disturb) dan dikunci ganda, apabila tidak ada jawaban dari
dalam kamar masukan anak kunci dan buka pintu secara perlahan sambil
menyebutkan idientitas, jika kamar dalam keadaan kosong roomboy dapat mulai
membersihkan kamar.
Dalam pembersihan kamar prosedur yang harus dilakukan oleh seorang
roomboy adalah menyalakan semua lampu, mematikan AC membuka tirai dan
jendela agar terjadi pertukaran udara, mengumpulkan semua kotoran, sampah dan
linen kotor bawa ke trolly dan kembali ke kamar dengan membawa linen bersih
yang diperlukan. Setelah itu proses Making bed dapat di lakukan sesuai dengan
prosedur yang telah di tetapkan yaitu memisahkan mattress dari had mattress dan
mulai menebarkan sheet pertama, kedua, blanket, dan top shet lalu di tutup dengan
bed cover, bungkus pillow dengan pillow case dan letakan di bagian atas dengan
posisi lubang berada di tengah
Prosedur yang harus dilakukan dalam membersihkan kamar mandi adalah,
membersihkan toilet bowl, bath tub, wash basin, dan mengepel lantai
menggunakan obat pembersih yang disedikan dan peralatan yang ada. Bagian
akhir adalah menata guest aminities dan supplies sesuai dengan yang di perlukan
dan diletakan pada tempat yang seharusnya sehingga dapat digunakan dengan
mudah oleh tamu. Selain kebersihan kamar departemen housekeeping juga
bertanggung jawab pada kebersihan lingkungan hotel, seperti koridor, lobby,
pantry, meeting room¸dan toilet umum. Dalam melaksanakan kegiatan
pembersihan departemen housekeeping memerlukan peralatan dan obat-obat
pembersih yang dapat membantu proses kegiatan dan meningkatkan hasil kerja,
seperti vacuum cleaner, toilet brush, hand brush, squeegee, mop, mop handle,
dust pan, trolli, dust cloth, sponge, dan obat yang diperlukan adalah,
multipurpose, freshly, cif, applied 4000, fast go, go gatter.
Hasil laporan selama melakukan kegiatan Praktek Kerja Nyata
disimpulkan bahwa Housekeeping department merupakan departemen yang
memegang peranan penting di hotel. Departemen ini bertugas menyiapkan
kamar-kamar yang akan dijual serta memeriksa kelengkapan fasilitas yang
diperlukan, selain itu departemen ini juga bertanggung jawab pada kerapian,
kebersihan, keindahan dan kenyamanan diseluruh area hotel, baik diluar ataupun
di dalam gedung. Selama melakukan kegiatan Praktek Kerja Nyata penulis dapat
mengetahui peranan housekeepingdalam menjalankan tugas-tugasnya
mempersiapkan kamar dan menjaga kebersihan lingkungan hotel.
Collections
- DP-Travel Agent [250]