• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan E-Modul Berbasis Three Dimensional Thinking Graph untuk Meningkatkan Bernalar Kritis pada Pembelajaran IPA SMP

    Thumbnail
    View/Open
    repository.pdf (1.312Mb)
    Date
    2024-05-28
    Author
    CAHYANI, Aulia Rizky Nur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Proses penguatan pendidikan karakter di Indonesia dapat diuraikan dalam sebuah proyek penguatan profil mahasiswa Pancasila. Tujuan dari profil mahasiswa Pancasila adalah untuk menciptakan mahasiswa Indonesia yang memiliki moral yang kompetitif, kemandirian dalam menjalankan tugas, kemampuan bernalar kritis, dan ide-ide kreatif untuk berkembang. Salah satu dimensi dalam profil mahasiswa Pancasila adalah penalaran kritis. Penalaran kritis merupakan tahapan yang kompleks karena mengaitkan penerimaan dan penguasaan, analisis, dan evaluasi dalam membuktikan suatu masalah. Pemahaman Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melibatkan aspek berpikir, baik berpikir deduktif yang mengarah dari hal yang bersifat umum ke hal yang bersifat khusus maupun berpikir induktif yang bergerak dari hal yang bersifat khusus ke hal yang bersifat umum atau dari yang bersifat konkrit ke abstrak dengan bantuan statistik. Pembelajaran sains dalam penalaran kritis merupakan jenis penalaran yang melibatkan siswa dalam mengembangkan dan menguji hipotesis. Adanya e-modul berbasis grafik berpikir tiga dimensi diharapkan dapat meningkatkan penalaran kritis siswa SMP dalam pembelajaran IPA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat validitas, kepraktisan, dan keefektifan e-modul. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, tes (pretest dan posttest), lembar validasi, angket respon siswa, dan lembar observasi keterlaksanaan. Berdasarkan hasil penelitian, e-modul dinyatakan sangat valid oleh para ahli sebesar 93%, praktis oleh observer sebesar 93%, praktis oleh respon siswa sebesar 84,4%, dan efektifitas sebesar 0,62 dinyatakan sedang. Dengan demikian, e-modul berbasis grafik berpikir tiga dimensi untuk meningkatkan penalaran kritis dapat atau layak digunakan dalam proses pembelajaran.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125455
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15360]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository