• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital untuk Menunjang Dimensi Berkebhinnekaan Global Topik Kekayaan Budaya Indonesia

    Thumbnail
    View/Open
    Tarisa Rania Putri Wibawati_200210204002.pdf (4.898Mb)
    Date
    2024-04-19
    Author
    WIBAWATI, Tarisa Rania Putri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran untuk menunjang dimensi berkebhinnekaan global pada topik B kekayaan budaya Indonesia. Perlunya alat bantu pembelajaran serta bahan ajar yang bervariasi agar memudahkan komunikasi antara guru dengan peserta didik. Topik kekayaan budaya Indonesia termasuk ke dalam mata pelajaran IPAS kurikulum merdeka di mana memiliki salah satu profil pelajar Pancasila yaitu berkebhinnekaan global. Profil berkebhinnekaan global ini selaras dengan topik tersebut karena memuat indikator toleransi, komunikasi interkultural, serta refleksi dna tanggung jawab terhadap pengalaman kebhinnekaan. Media pembelajaran yang dikembangkan ialah flipbook digital. Subjek dari penelitian pengembangan ini ialah peserta didik kelas IV-A SDN Kebonsari 04 Jember. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan dari media pembelajaran flipbook digital. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan (R&D) oleh Borg and Gall dengan 8 tahapan, karena kedelapan tahapan tersebut telah dapat diketahui kevalidan, keefektifan, dan kepraktisannya. Media pembelajaran flipbook digital ini berbantuan aplikasi canva dan perangkat lunak flip pdf corporate. Hasil kevalidan memuat validasi produk, instrumen tes, angket respon, serta observasi sikap berkebhinnekaan global. Validasi produk media pembelajaran flipbook digital memperoleh persentase sebesar 85% (sangat layak dan valid), hasil validasi instrumen tes sebesar 83% (sangat layak), hasil validasi angket respon sebesar 84% (sangat layak), dan hasil validasi observasi sikap berkebhinnekaan global sebesar 82,5 (sangat layak). Hasil uji coba keefektifan melalui pretest-posttest peserta didik memperoleh persentase sebesar 84% (sangat efektif) serta hasil observasi sikap berkebhinnekaan global memperoleh skor 3,38 (sangat baik). Hasil uji kepraktisan melalui angket respon peserta didik memperoleh persentase sebesar 90,02% (sangat praktis).
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125454
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15360]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository