• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII E SMP Negeri 1 Kras

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI Riza Eka Deviana-200210402013.pdf (1.631Mb)
    Date
    2024-07-03
    Author
    DEVIANA, Riza Eka
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penerapan model Project Based Learning berbantuan gambar berseri bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Kras. Hal ini dilakukan karena kemampuan menulis teks prosedur siswa masih rendah, terbukti dengan banyaknya hasil belajar siswa yang berada di bawah KKM (kriteria ketuntasan maksimal). Ada beberapa faktor yang menyebabkan siswa kesulitan dalam menulis teks prosedur, yaitu siswa kesulitan menyampaikan idenya dalam bentuk tertulis, guru tidak menggunakan media pembelajaran yang sesuai, dan pembelajaran masih berfokus pada guru, sehingga mengakibatkan siswa kesulitan dalam menulis teks prosedur. Oleh karena itu, diperlukan suatu model pembelajaran yang mendorong siswa untuk berpartisipasi aktif untuk meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur. Model Project Based Learning (PjBL) berbantuan gambar berseri merupakan salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat mengatasi permasalahan tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas model Kurt Lewin yang dilaksanakan secara bersiklus dan metode pengumpulan datanya dilakukan dengan observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara. Penerapan model Project Based Learning berbantuan gambar berseri terdiri atas enam tahap yaitu mengajukan pertanyaan mendasar, membuat desain proyek berbantuan gambar berseri, menyiapkan jadwal, memantau kemajuan proyek, penilaian hasil, dan mengevaluasi pengalaman. Tahapan tersebut berhasil meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Kras. Hasil menulis teks prosedur menggunakan model Project Based Learning berbantuan gambar berseri mengalami peningkatan yang signifikan dari prasiklus, siklus I, ke siklus II. Terbukti dari hasil prasiklus dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 15 siswa atau 47,05%, terjadi peningkatan pada siklus I sebanyak 21 siswa atau 61,7%, kemudian terjadi peningkatan kembali pada siklus II dengan jumlah siswa yang tuntas mencapai 29 siswa atau 61,7%.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125421
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15475]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository