Show simple item record

dc.contributor.authorMAHARDHIKA, Dicky Fattah Dwi Satria
dc.date.accessioned2025-02-17T06:46:29Z
dc.date.available2025-02-17T06:46:29Z
dc.date.issued2024-01-05
dc.identifier.nim182410101088en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125381
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 17 Februari 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractSistem transportasi umum Kereta Api Indonesia mengalami penurunan penumpang sejak dimulainya pandemi Covid-19. Berbagai langkah pemerintah, seperti lockdown dan penangguhan sementara transportasi umum, telah diterapkan. Setelah vaksin tersedia, pembatasan jarak diterapkan, dan transportasi umum mulai beroperasi, meskipun dengan regulasi khusus. Namun, perbandingan penumpang kereta api dari tahun 2020 hingga 2023 tidak sebesar tahun 2019. Dengan memanfaatkan data Twitter, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis opini publik tentang transportasi kereta api Indonesia menggunakan analisis sentimen dengan InSet Lexicon, mengklasifikasikan pendapat publik sebagai positif, negatif, atau netral. Dataset, yang diperoleh dengan kata kunci "fasilitas kursi kereta," "harga tiket kereta," "ac kereta," "toilet kereta," terdiri dari 11.629 twit. Pra-pemrosesan dilakukan untuk mempersiapkan dataset, diikuti oleh KMeans Clustering untuk mengelompokkan twit serupa menjadi kluster. Hasilnya menghasilkan 7 kluster. Selanjutnya, pemodelan topik diterapkan menggunakan metode Latent Dirichlet Allocation (LDA) pada setiap kluster, mengungkap topik tersembunyi dalam data. Tujuh kluster terbentuk dari dataset penelitian, dan pemodelan topik LDA serta klasifikasi sentimen diterapkan pada masing-masing kluster, mengungkapkan beragam topik yang sering dibahas. Topik dominan melibatkan tiket, kursi, ekonomi, kereta, tegak, kelas, fasilitas, dan toilet. Setiap kluster secara dominan menunjukkan sentimen positif, disertai dengan berbagai kritik dan saran dari twit individu. Analisis ini bertujuan untuk memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kualitas layanan Kereta Api Indonesia di masa depan.en_US
dc.description.sponsorshipDPU: Nelly Oktavia Adiwijaya S.Si., M.T DPA: Tio Dharmawan S.Kom., M.Komen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherIlmu Komputeren_US
dc.subjectInSet Lexiconen_US
dc.subjectLatent Dirichlet Allocationen_US
dc.subjectSentimetn Analisysen_US
dc.subjectKereta Api Indonesiaen_US
dc.titleAnalisis Sentimen Layanan Kereta Api Indonesia di Media Sosial X Menggunakan Inset Lexicon dan Latent Dirichlet Allocationen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiSistem Informasien_US
dc.identifier.pembimbing1Nelly Oktavia Adiwijaya, S.Si, MTen_US
dc.identifier.pembimbing2Tio Dharmawan S.Kom., M.Komen_US
dc.identifier.validatorrevaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record