Pengembangan LKPD Berbasis Collaboration Script untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaboratif dan Hasil Belajar pada Pembelajaran IPA SMP
Abstract
Pembelajaran IPA saat ini diharapkan mampu memenuhi semua tuntutan kemampuan sesuai dengan pemberlakuan kurikulum yang menunjukkan bahwa terdapat sepuluh keterampilan yang harus ada pada diri siswa di tengah arus globalisasi yang semakin melekat di setiap lapisan kehidupan, salah satunya adalah kemampuan mengembangkan keterampilan kolaboratif siswa. Fakta menunjukkan bahwa keterampilan kolaboratif yang dapat diciptakan dalam suatu pembelajaran saat ini masih rendah karena pembelajaran tidak terarah sehingga tidak dapat mencapai target yang diinginkan. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan kolaboratif dan hasil belajar siswa dengan menggunakan bantuan LKPD berbasis collaboration script. Jenis penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian pengembangan dengan desain penelitian Plomp (2013). Hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan kolaboratif dan hasil belajar siswa dalam pelaksanaan pembelajaran tiap pertemuan.