Pengembangan Media Flipbook untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sistem Ekskresi Manusia
Abstract
Media pembelajaran adalah sarana penyampaian informasi antara guru dan
siswa sehingga menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan efisien. Metode
penyampaian media yang digunakan guru dapat membuat siswa lebih menerima
dan memahami informasi yang diperoleh dengan baik. Berdasarkan survei yang
dilakukan oleh PISA prestasi belajar IPA di Indonesia termasuk rendah dengan
posisi peringkat 10 besar terbawah. Hal ini dapat berpengaruh terhadap cara
berpikir kritis siswa karena mereka tidak dapat mengaplikasikan ilmu yang
dimiliki dalam hal pemecahan masalah dengan baik.
Satu diantara alternatif yang dapat dilakukan untuk meningkatkan
kemampuan berpikir kritis siswa adalah dengan membuat pembelajaran menjadi
lebih interaktif sehingga kemampuan berpikir kritis siswa dapat meningkat. Media
flipbook diharapkan dapat merangsang dan meningkatkan kemampuan berpikir
kritis siswa. Apabila siswa telah menguasai kemampuan berpikir kritis maka
mereka dapat menggabungkan ilmu yang telah diperoleht dan mengutarakan
pengetahuan tersebut
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan media
flipbook yang valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampuian berpikir
kritis siswa. Model pengembangan ADDIE digunakan sebagai desain penelitian
karena memiliki desain yang sistematik dan banyak digunakan sebagai model
pengembangan yang berhubungan dengan pembuatan media. Tahapan ADDIE
dimulai dari analyze (analisis), design (desain), develop (pengembangan),
implement (penerapan) dan evaluate (evaluasi).
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi
metode validasi, tes dan angket. Instrumen yang digunakan berupa lembar
kevalidan media dan materi serta angket berupa respon peserta didik setelah
menggunakan media flipbook. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan,
media flipbook yang dikembangkan termasuk kedalam media yang valid, praktis
dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.