• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Media Flipbook untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sistem Ekskresi Manusia

    Thumbnail
    View/Open
    Shanti Yuniar Rahmawati_170210104037 (4.291Mb)
    Date
    2023-05-25
    Author
    RAHMAWATI, Shanti Yuniar
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Media pembelajaran adalah sarana penyampaian informasi antara guru dan siswa sehingga menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan efisien. Metode penyampaian media yang digunakan guru dapat membuat siswa lebih menerima dan memahami informasi yang diperoleh dengan baik. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh PISA prestasi belajar IPA di Indonesia termasuk rendah dengan posisi peringkat 10 besar terbawah. Hal ini dapat berpengaruh terhadap cara berpikir kritis siswa karena mereka tidak dapat mengaplikasikan ilmu yang dimiliki dalam hal pemecahan masalah dengan baik. Satu diantara alternatif yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa adalah dengan membuat pembelajaran menjadi lebih interaktif sehingga kemampuan berpikir kritis siswa dapat meningkat. Media flipbook diharapkan dapat merangsang dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Apabila siswa telah menguasai kemampuan berpikir kritis maka mereka dapat menggabungkan ilmu yang telah diperoleht dan mengutarakan pengetahuan tersebut Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan media flipbook yang valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampuian berpikir kritis siswa. Model pengembangan ADDIE digunakan sebagai desain penelitian karena memiliki desain yang sistematik dan banyak digunakan sebagai model pengembangan yang berhubungan dengan pembuatan media. Tahapan ADDIE dimulai dari analyze (analisis), design (desain), develop (pengembangan), implement (penerapan) dan evaluate (evaluasi). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi metode validasi, tes dan angket. Instrumen yang digunakan berupa lembar kevalidan media dan materi serta angket berupa respon peserta didik setelah menggunakan media flipbook. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan, media flipbook yang dikembangkan termasuk kedalam media yang valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125310
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15360]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository