Evaluasi Penilaian Autentik di SD Muhammadiyah 01 Ambulu
Abstract
Evaluasi merupakan suatu proses yang dilakukan untuk mendeskripsikan,
mengumpulkan, menginterpretasikan dan menyajikan informasi agar dapat
digunakan sebagai dasar membuat keputusan, menyusun kebijakan maupun
menyusun program secara sitematis dan berkelanjutan. Tujuan dari kegiatan
evaluasi adalah untuk memperoleh informasi yang akurat dan objektif tentang
suatu program. Evaluasi program yang dimaksud dalam penelitian ini adalah suatu
kegiatan yang dilakukan untuk mengetahui apakah ada kesesuaian antara
penilaian autentik di SD Muhammadiyah 01 Ambulu dengan standar penilaian
autentik kurikulum 2013. Pada saat melakukan wawancara dengan guru kelas 1
SD Muhammadiyah 01 Ambulu ditemukan permasalahan bahwa guru belum
yakin apakah instrumentasi terhadap penilaian autentik yang sudah diterapkan di
sekolah sesuai dengan sistem penilaian kurikulum 2013. Hal ini dikarenakan
sumber yang digunakan sebagai pedoman penilaian autentik hanya sebatas buku
guru dan buku penunjang lainnya. Selain itu, dijelaskan juga bahwa selama ini
guru merasa kesulitan dalam menerapkan penilaian autentik di sekolah, hal ini
dikarenakan banyak sekali hal-hal yang harus dinilai dalam penilaian autentik.
Terlebih guru kelas yang baru menerapkan kurikulum 2013.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian evaluasi dengan menggunakan
pendekatan deskriptif kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah hasil
observasi, hasil wawancara, dan hasil dokumentasi terkait penilaian autentik di
kelas I, II A, II B, III A, III B, IV A, IV B, V dan VI SD Muhammadiyah 01
Ambulu. Metode penelitian yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara
menelaah seluruh data yang diperoleh dari hasil dokumentasi, observasi, dan
wawancara.
Hasil penelitian dipaparkan sebagai berikut: Kesesuaian penilaian autentik
pada tahap masukan memperoleh skor rerata 3,99 dalam persentase 99,91% dengan
kategori amat baik. Kesesuaian penilaian autentik pada tahap proses memperoleh skor
rerata 3,98 dalam persentase 99,5% dengan kategori amat baik. Kesesuaian penilaian
autentik pada tahap hasil memperoleh skor rerata 3,78 dalam persentase 94,66%
dengan kategori amat baik. Secara keseluruhan hasil evaluasi penilaian autentik di SD
Muhammadiyah 01 Ambulu memperoleh skor rerata 3,91 dalam persentase 98%
dengan kategori amat baik.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penilaian autentik di
SD Muhammadiyah 01 Ambulu dalam rangka implementasi Kurikulum 2013
memperoleh tingkat ketercapaian 3,91 dari skala 4 atau deskriptif persentase
sebesar 98% dengan kategori amat baik. Dari hasil kesimpulan tersebut diajukan
saran bagi guru hendaknya memahami pedoman penyusunan RPP agar dapat
membuat RPP dengan rinci dan teliti sehingga tidak ada komponen yang
terlewatkan, menyusun RPP yang memuat rancangan penilaian sebaik mungkin
dengan memerhatikan semua komponen penilaian, benar-benar memahami KI dan
KD terkait agar dapat mengembangkan indikator setiap kompetensi, berinisiatif
secara mandiri memperluas pengetahuan dan menambah referensi mengenai
penilaian autentik dari berbagai sumber, dan dapat mengoperasikan aplikasi excel
untuk meringankan pengolahan nilai sehingga perhitungan hasil penilaian dapat
dilakukan secara otomatis dan lebih teliti. Dan bagi kepala sekolah hendaknya
selalu memonitoring dan mengevaluasi kemampuan para guru dalam
melaksanakan penilaian autentik agar dapat mengetahui penyebab jika guru
mengalami kesulitan dalam melaksanakan penilaian autentik sehingga dapat
ditentukan tindak lanjutnya.