Pengembangan Milea-cartes Berbantuan Scratch untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik pada Materi Koordinat Kartesius
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk membuat dan mendeskripsikan media pembelajaran interaktif yang valid, praktis, dan efektif pada materi koordinat Kartesius kelas VIII SMP. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian pengembangan menggunakan metode Research and Development (R & D). Metode ini terdiri dari empat tahap, antara lain pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Subjek uji coba penelitian adalah peserta didik kelas VIII E SMP Negeri 4 Genteng. Tahap pendefinisian terdiri dari analisis awal-akhir, analisis media, dan perumusan tujuan pembelajaran. Dilanjutkan dengan pemilihan media, pemilihan format, rancangan awal media pembelajaran, dan penyusunan instrumen yang dilakukan pada tahap perancangan. Tahap selanjutnya yakni tahap pengembangan diisi dengan kegiatan validasi dan uji coba media. Langkah terakhir yaitu tahap penyebaran media pembelajaran interaktif. Hasil dari pengembangan seluruh instrumen yang digunakan telah memenuhi kriteria valid dengan nilai rata-rata 3,51. Jika ditinjau dari persentase hasil respons pengguna, maka media yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria praktis karena mencapai 82%. Tidak hanya itu, media ini juga dinilai efektif karena nilai tafsiran efektivitas N-Gain mencapai 76%. Oleh karena itu, MILEA-CARTES sudah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.