Show simple item record

dc.contributor.authorCINDRAWATI, Alimah
dc.date.accessioned2025-02-11T02:16:07Z
dc.date.available2025-02-11T02:16:07Z
dc.date.issued2024-10-23
dc.identifier.nim200210402015en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125268
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 11 Februari 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractHegemoni memberikan gambaran terhadap bentuk permasalahan dari segi penguasaan atau dominasi kelompok superordinat terhadap kelompok subordinat. Praktik hegemoni tersebut didasari oleh penerimaan atau persetujuan secara sukarela melalui dorongan ideologi dari pihak hagemon. Bahasa sebagai alat utama yang mampu menciptakan ruang tersendiri untuk keberhasilan hegemoni. Pada dasarnya kumpulan cerpen Wajah yang Hilang karya Muhammad Yasir ini tercipta dari pengalaman yang pernah dilalui atau melingkupi kehidupan sang pengarang. Tergambar aksi yang tidak mencerminkan moralitas sengaja dilakukan oleh kelompok superordinat sebagai pemegang kekuasaan dan menjadi pihak yang menghegemoni kelompok subordinat. Hal ini memunculkan konteks perlawanan yang dilakukan kelompok subordinat sehingga berdampak langsung kepada bagaimana kehidupan mereka dikemudian hari. Berdasarkan pemaparan tersebut, rumusan masalah yang dibahas dalam pemilihan ini, yaitu: (1) bagaimanakah bentuk-bentuk hegemoni kelompok subordinat terhadap kelompok subordinat?, (2) bagaimanakah perlawanan yang dilakukan oleh kelompok subordinat terhadap praktik hegemoni yang dilakukan oleh kelompok superordinat?, (3) Bagaimanakah dampak hegemoni kelompok superordinat terhadap kelompok subordinat?, dan (4) bagaimanakah pemanfaatan hasil penelitian dalam kumpulan cerpen Wajah yang Hilang karya Muhammad Yasir sebagai materi pembelajaran menulis puisi di SMA. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif menggunakan rancangan penelitian sosiologi sastra dengan teori hegemoni Gramsci. Sumber data dalam penelitian adalah kumpulan cerpen Wajah yang Hilang karya Muhammad Yasir dan data penelitian berupa kalimat, paragraf dan dialog yang mengandung unsur hegemoni. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian adalah tafsiran meliputi beberapa tahap yakni: reduksi data, penyajian data, proses analisis data, interpretasi data, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tabel pengumpul data serta tabel analisis data. Terakhir prosedur penelitian yang digunakan terdiri dari tiga tahap yakni: tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap penyelesaian. Hasil dan pembahasan yang dapat disimpulkan dari praktik hegemoni dalam kumpulan cerpen Wajah yang Hilang karya Muhammad Yasir ialah pertama, hegemoni dalam bentuk ideologi pembanguanan (developmentalisme), hegemoni dalam bentuk ideologi ekonomi dan hegemoni kaum intelektual. Kedua, perlawanan hegemoni diklasifikasikan menjadi perlawanan langsung dan perlawanan tidak langsung sesuai dari upaya atau cara menentang kelompok superordinat. Ketiga, dampak hegemoni sebagai akibat dari dominasi kelompok subordinat terhadap subordinat meliputi penerimaan hegemoni, menerima serta menjalankan hegemoni, dan penolakan hegemoni. Keberhasilan dalam praktik hegemoni menunjukkan bahwa bahasa (ideologi) sebagai alat dalam melancarkan usaha tersebut ialah nyata dan mampu mengikat. Dari hasil penelitian yang diperoleh kemudian akan diimplementasikan menjadi sebuah rancangan pembelajaran yang dapat dijadikan acuan terkait pembelajaran sastra bahasa Indonesia salah satunya menulis puisi.en_US
dc.description.sponsorshipDPU Dr. Furoidatul Husniah, S.S., M.Pd. DPA Fitri Nura Murti, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPraktik Hegemonien_US
dc.subjectKumpulan Cerpen Wajah yang Hilangen_US
dc.subjectMateri Pembelajaran Menulis Puisien_US
dc.titlePraktik Hegemoni dalam Kumpulan Cerpen Wajah yang Hilang Karya Muhammad Yasir dan Pemanfaatannya sebagai Materi Pembelajaran Menulis Puisi di SMAen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiProgram Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesiaen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Furoidatul Husniah, S.S., M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Fitri Nura Murti, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorKacung- 3 Februari,2025en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record