• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kepribadian Big Five Berpikir Kritis Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Program Linear ditinjau dari Teori Kepribadian Big Five

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI ANIS NURHIDAYAH_UNEJ.pdf (3.965Mb)
    Date
    2024-06-26
    Author
    NURHIDAYAH, Anis
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Terdapat penelitian yang menyatakan bahwa Big Five personality memiliki pengaruh besar terhadap berpikir kritis serta kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan berpikir kritis siswa kepribadian big five di SMA Negeri Tamanan dalam memecahkan masalah program linear. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu angket, tes dan wawancara dan dilakukan dengan melibatkan 5 orang subjek yang dipilih dari 22 orang calon subjek. Hasil penelitian yang didapat lalu dianalisis secara kualitatif serta diuji keabsahannya menggunakan member check. Hasil penelitian siswa ekstraversion menjawab semua indikator berpikir kritis, siswa agreeableness menyelesiakan soal dengan benar namun lemah menjelaskan masalah dan komponen penting. Siswa openess hanya mampu mengidentifikasi informasi soal namun hasil kurang tepat serta lemah menyebut komponen penting, alasan memilih variabel keputusan dan metode, siswa neuroticism hanya mampu mengidentifikasi bagian diketahui dan ditanya serta lemah saat menceritakan kembali, menjelaskan maksud dan alasan memilih variabel keputusan maupun hubungan dengan pertanyaan serta metode, siswa conscientiousness tidak mampu menyelesaikan soal, serta hanya mampu menceritakan masalah, menjelaskan pengaruh varibael keputusan dengan bagian diketahui dan kesesuaian hasil. Maka guru harus memperhatikan kekuatan dan kelemahan masing-masing siswa tipe kepribadian berbeda dalam mengelola pembelajaran sehingga masalah akan teratasi.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125263
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15360]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository