Kepribadian Big Five Berpikir Kritis Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Program Linear ditinjau dari Teori Kepribadian Big Five
Abstract
Terdapat penelitian yang menyatakan bahwa Big Five personality memiliki
pengaruh besar terhadap berpikir kritis serta kemampuan siswa dalam
menyelesaikan masalah. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan berpikir
kritis siswa kepribadian big five di SMA Negeri Tamanan dalam memecahkan
masalah program linear. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu
angket, tes dan wawancara dan dilakukan dengan melibatkan 5 orang subjek yang
dipilih dari 22 orang calon subjek. Hasil penelitian yang didapat lalu dianalisis
secara kualitatif serta diuji keabsahannya menggunakan member check. Hasil
penelitian siswa ekstraversion menjawab semua indikator berpikir kritis, siswa
agreeableness menyelesiakan soal dengan benar namun lemah menjelaskan
masalah dan komponen penting. Siswa openess hanya mampu mengidentifikasi
informasi soal namun hasil kurang tepat serta lemah menyebut komponen penting,
alasan memilih variabel keputusan dan metode, siswa neuroticism hanya mampu
mengidentifikasi bagian diketahui dan ditanya serta lemah saat menceritakan
kembali, menjelaskan maksud dan alasan memilih variabel keputusan maupun
hubungan dengan pertanyaan serta metode, siswa conscientiousness tidak mampu
menyelesaikan soal, serta hanya mampu menceritakan masalah, menjelaskan
pengaruh varibael keputusan dengan bagian diketahui dan kesesuaian hasil. Maka
guru harus memperhatikan kekuatan dan kelemahan masing-masing siswa tipe
kepribadian berbeda dalam mengelola pembelajaran sehingga masalah akan
teratasi.