• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Buku Ajar IPAS Berbasis Literasi Sains Materi Bagian Tubuh Tumbuhan Kopi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SDN 2 Toyomarto Malang

    Thumbnail
    View/Open
    Dwi Ayu Novitasari_190210204038_Skripsi Repository.pdf (6.599Mb)
    Date
    2025-01-15
    Author
    NOVITASARI, Dwi Ayu
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan di sekolah dasar (SD) adalah sebuah langkah awal bagi seseorang dalam menempuh pendidikan. Guru diharapkan dapat menghadapi tantangan abad 21. Oleh karena itu, seorang guru dituntut untuk berimajinasi, rajin, mempunyai semangat untuk mempelajari keterampilan baru dan perlu memberikan bahan pembelajaran yang kontekstual kepada peserta didik dengan mengusung materi-materi yang relevan dengan kehidpan nyata. Pentingnya buku ajar IPAS berbasis literasi sains materi bagian tubuh tumbuhan kopi dikembangkan dengan alasan buku ajar ini masih belum banyak ditemukan pada buku peserta didik. Literasi sains penting diajarkan pada peserta didik untuk memperbaiki kualitas pendidikan karena literasi sains di Indonesia masih tergolong rendah, meskipun sudah mengalami peningkatan di tahun 2022. Pembelajaran menggunakan buku ajar ini menunjukkan contoh konkrit permasalahan yang diintregasikan dengan lingkungan sekitar peserta didik. Buku ajar IPAS berbasis literasi sains materi tubuh tumbuhan kopi dapat menjadi buku suplemen tambahan bagi peserta didik agar dapat meningkatkan hasil belajar sebagai pembenahan kualitas pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara SDN 2 Toyomarto Malang, belum pernah membuat atau menerapkan buku ajar berbasis literasi sains yang diintregasikan dengan lingkungan sekitar peserta didik. Sekolahan tersebut membiasakan literasi selama 15 menit sebelum pembelajaran dimulai, akan tetapi hanya kegiatan literasi biasa dengan buku seadanya. Pembelajaran IPAS di SD tersebut, nilai peserta didik khususnya kelas IV, sebagian masih dibawah KKM yaitu < 70.Berdasarkan permasalahan tersebut, tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui proses pengembangan buku ajar IPAS berbasis literasi sains materi bagian tubuh tumbuhan kopi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN 2 Toyomarto Malang. 2) untuk mengetahui validitas, kepraktisan dan efektivitas produk buku ajar IPAS berbasis literasi sains materi bagian tubuh tumbuhan kopi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN 2 Toyomarto Malang. Desain penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan R&D model Borg and Gall. Penelitian ini hanya sampai 8 tahapan, antara lain yaitu 1) penelitian pendahuluan, 2) perencanaan pengembangan produk, 3) pengembangan desain produk awal, 4) validasi desain produk, 5) revisi desain produk awal, 6) uji coba penggunaan, 7) revisi produk pengembangan, dan 8) uji coba keefektifan produk. Penelitian dilakukan di SDN 2 Toyomarto Malang dengan jumlah 44 peserta didik. Instrumen pengumpulan data ini yaitu lembar wawancara, lembar validasi, soal pretest dan posttest, serta lembar angket respon peserta didik. Data yang diperoleh dari hasil validasi, hasil belajar pretest dan posttest, serta hasil respon peserta didik. Hasil analisis data pengembangan buku ajar IPAS berbasis literasi sains materi bagian tubuh tumbuhan kopi telah memenuhi kriteria yaitu: 1) kevalidan memperoleh skor 89 dengan kategori sangat layak dari ahli media dan praktisi, 83,3 dengan kategori sangat layak dari ahli bahasa dan ahli praktisi, serta 92 dengan kategori sangat layak dari ahli materi dan ahli praktisi; 2) kepraktisan, hasil analisis kepraktisan memperoleh skor 92,55% dengan kategori sangat praktis; 3) keefektifan, berdasarkan t test adalah 8,533 > 1,681 dengan keefektifan relatif (ER) 71,05% bagian hasil belajar dipengaruhi oleh penggunaan buku, sedangkan 28,95% bagian dipengaruhi oleh faktor eksternal dan internal. Berdasarkan hasil yang telah dipaparkan, dapat disimpulkan bahwa buku ajar IPAS berbasis literasi sains materi bagian tubuh tumbuhan kopi dinyatakan valid, efektif dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran. Saran dari peneliti yaitu, bagi guru pengembangan buku ini dapat dijadikan sebagai referensi dalam mengembangkan buku ajar sesuai materi yang diperlukan dengan memanfaatkan lingkungan sekitar peserta didik. Bagi peneliti lain, diharapkan dapat mengembangkan produk buku ajar dalam bentuk ebook agar peserta didik dapat mengakses dimana saja dan kapan saja
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125256
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15482]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository