Pengembangan E-LKPD berbasis Kolaboratif untuk Meningkatkan Keterampilan Inkuiri Peserta Didik pada Pembelajaran IPA di SMP
Abstract
Penelitian ini didasarkan atas rendahnya keterampilan inkuiri peserta didik dalam pembelajaran IPA di SMP. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan memanfaatkan pembelajaran interaktif yang bisa digunakan dengan mudah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, dan efektivitas produk E-LKPD berbasis kolaboratif dalam meningkatkan keterampilan inkuiri peserta didik pada pembelajaran IPA di SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model plomp dengan responden kelas VII F di SMP Negeri 11 Jember yang berjumlah 37 peserta didik. Hasil penelitian E-LKPD berbasis kolaboratif menunjukan skor validasi sebesar 89% dengan kategori sangat valid, skor kepraktisan sebesar 87% dengan kategori sangat praktis, skor efektivitas N-gain sebesar 0,72 dengan kategori tinggi dan skor angket respon sebesar 94% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah diperoleh, dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis kolaboratif telah dinyatakan sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif untuk meningkatkan keterampilan inkuiri peserta didik dalam pembelajaran IPA di SMP.