• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kemampuan Menulis Ringkasan Teks Cerita Peninggalan Sejarah di Jawa (PESEJA) Siswa Kelas IV SDN Sumber Wringin 01 Bondowoso

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI Windari Susianti.pdf (2.720Mb)
    Date
    2023-03-10
    Author
    SUSIANTI, Windari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis ringkasan teks cerita peninggalan sejarah di Jawa (PESEJA) siswa kelas IV SDN Sumber Wringin 01 Bondowoso. Keterampilan dalam pembelajaran bahasa Indonesia mencakup 4 keterampilan, diantaranya: keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Dalam penelitian ini terdapat beberapa aspek agar dapat mengumpulkan data yaitu dapat dilihat dari kesesuaian isi, penggunaan kata baku, penggunaan kalimat yang efektif, penggunaan tanda baca titik dan koma, penggunaan kalimat konjungsi kausalitas. Jenis penelitian disini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Hasil dan pembahasan yang diperoleh setelah penelitian yaitu: Persentase tertinggi terdapat pada kategori cukup artinya kemampuan menulis ringkasan teks cerita Peninggalan sejarah di Jawa siswa kelas IV SDN Sumber Wringin 01 Bondowoso dapat dikatakan masih rendah. Aspek kesesuaian isi mencapai skor keseluruhan 20% (sangat kurang), aspek kata baku skor keseluruhan mencapai 18% (sangat kurang), aspek kata penghubung skor keseluruhan mencapai 23% (sangat kurang), huruf kapital mencapai skor 22% (sangat kurang), dan aspek tanda baca mencapai skor 17% (sangat kurang). Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan menulis ringkasan peninggalan sejarah di Jawa (PESEJA) peserta didik kelas IV SDN Sumber Wringin 01 Bondowoso, sebagai berikut: Minat siswa dalam membaca rendah, tidak menguasai bahasa Indonesia dengan baik dan benar, pengajaran dari pendidik, siswa banyak mengobrol, serta Pembiasaan dalam penulisan.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125149
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15482]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository