• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Persaingan Antar Pedagang Kopi di Alun-Alun Kabupaten Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi repository.pdf (1.879Mb)
    Date
    2024-07-10
    Author
    SINTAWATI, Dwi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kabupaten Jember merupakan wilayah perkotaan yang juga tidak terlepas dari keberadaan para PKL. Diantaranya pedagang kopi yang banyak dijumpai disekitar kawasan trotoar Alun-Alun Kabupaten Jember. Adanya kebijakan dari pemerintah yang memperbolehkan siapa saja untuk berdagang di sekitar Alun-Alun Kabupaten Jember, membuat semakin banyaknya pedagang kopi yang menjadikan persaingan tidak dapat dihindari. Para pedagang dituntut untuk dapat mengimprovisasi kemampuan dalam berdagang agar dapat bersaing dengan pedagang kopi lainnya. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk dapat melihat persaingan antar pedagang kopi di Alun-Alun Kabupaten Jember. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori praktik sosial dari Pierre Bourdieu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi. Proses dalam pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya metode uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik dengan dilengkapi metode analisis model Miles dan Huberman yang kemudian dianilisis dengan teori Praktik Sosial Pierre Bourdieu. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan persepsi pedagang kopi di alun-alun Kabupaten Jember mengenai persaingan. Diantaranya persaingan dianggap sebagai suatu hal yang biasa, persaingan dianggap sebagai tantangan berat, dan persaingan dianggap sebagai peluang untuk belajar dan berkembang. Perbedaan pandangan ini kemudian merujuk pada berbagai strategi yang digunakan setiap pedagang kopi dalam bersaing yang diantaranya terdiri dari memperhatikan kelengkapan fasilitas dagangan, membangun jaringan sosial, tawakal dan berdoa, serta menggunakan jasa penglaris Kata Kunci : Pedagang kopi, Persaingan, Praktik Sosial, Strategi
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125076
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5704]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository