Efektivitas Pelayanan Melalui Paling Jempol dalam Perekaman KTP-el Bagi Pemula di Kabupaten Magetan
Abstract
Dalam rangka peningkatan pelayanan administrasi kependudukan terutama pada pelayanan KTP-el, Dispendukcapil Magetan memberikan jenis pelayanan baru berupa Paling Jempol (Pelayanan Keliling Jemput Bola) dengan target sasaran siswa SMA/MA/SMK yang berusia 16 tahun lebih 6 bulan dan 17 tahun. Tujuan Paling Jempol untuk memudahkan siswa dalam kepengurusan KTP-el, meningkatkan capaian perekaman KTP-el, dan mencapai tertib administrasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dimensi efektivitas pada pelayanan Paling Jempol dalam perekaman KTP-el bagi pemula di Kabupaten Magetan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Keabsahan data diuji menggunakan triangulasi melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisa data dilakukan melalui reduksi data, pegajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan efektivitas pelayanan melalui Paling Jempol dalam perekaman KTP-el bagi pemula di Kabupaten Magetan dapat dinilai belum berhasil. Masih terdapat permasalahan, yaitu jumlah siswa yang di rekam setiap tahun masih belum mencapai target dan tujuan yang ditentukan. Kurangnya sosialisasi menyebabkan menyebabkan jumlah siswa yang mengikuti jemput bola di sekolah menjadi sedikit. Selain itu, sumberdaya, sarana, dan pra sarana belum memadai. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut, yaitu meningkatkan sosialisasi terkait Paling Jempol dengan lengkap, pemasangan spanduk/banner, pembaharuan pada alat perekaman, penambahan petugas yang jemput bola, dan kerja sama dengan perusahaan provider agar pelaksanaan jemput boa di sekolah berjalan dengan lancar.