• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Projects Based Learning Berbasis STEM terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas IV SDN Ambulu 01

    Thumbnail
    View/Open
    Dinda Masyrofatul Umami (2.751Mb)
    Date
    2024-07-10
    Author
    UMAMI, Dinda Masyrofatul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kemampuan literasi sains siswa di Indonesia masih tergolong rendah dibuktikan dengan hasil Program for International Students Assessment (PISA) oleh Organization for Economic Cooperation and Development (OECD), sehingga perlu dilakukan perbaikan dalam proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan, model dan metode yang dapat mempengaruhi kualitas proses pembelajaran yang dilaksanakan. Penerapan model Project Based Learning (PjBL). dapat dijadikan pilihan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains dengan memberikan praktik langsung, tidak sekedar teori, sehingga apabila ditemukan permasalahan dalam kegiatan pembelajaran, siswa dapat segera menganalisis permasalahan, memberikan pemikiran kritis terhadap permasalahan tersebut, dan cara untuk menyelesaikannya. Salah satu model pembelajaran yang dilaksanakan pada abad 21 adalah model PjBL berbasis Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM). STEM dan PjBL mempunyai tujuan yang sama yaitu membantu siswa dengan mudah menyelesaikan permasalahan dengan hasil berupa suatu produk sehingga siswa diharapkan berusaha mengembangkan keterampilannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model PjBL berbasis STEM terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas IV SDN Ambulu 01. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen Quasi Experimental Designs dengan pola Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Ambulu 01 semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV yaitu kelas IVA dan IVB yang berjumlah 50 orang siswa. Berdasarkan hasil keseluruhan analisis data dapat disimpulkan ada pengaruh signifikan model PjBL berbasis STEM terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas IV SDN Ambulu 01.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125051
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15482]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository