• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik Paket C di PKBM Al Muttaqin Kabuaten Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_Farahzillah Nur Hidayah_Repository.pdf (1.452Mb)
    Date
    2024-10-31
    Author
    HIDAYAH, Farahzillah Nur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan Kesetaraan merupakan salah satu bentuk pendidikan dalam jalur nonformal yang dapat diselenggarakan melalui pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM). Salah satu Lembaga yang menyelenggarakan Pendidikan Kesetaraan adalah PKBM Al Muttaqin yang merupakan salah satu lembaga pusat kegiatan belajar masyarakat berlokasi di Kelurahan Banjarsengon Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Peneliti menemukan fenomena bahwasanya pada saat proses pembelajaran peserta didik telah mampu untuk melakukan diskusi secara berdialog dengan tutor. Artinya bahwa forum diskusi dalam proses pembelajaran tersebut baik, namun keaktifan peserta didik dalam aspek kehadiran masih dapat dikatakan kurang. Hal ini dapat ditunjukan dari setiap kehadiran dalam proses pembelajaran hanya terdapat 3-5 peserta didik. Maka dari itu peneliti menemukan rumusan masalah yaitu “ Apa Saja Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik Paket C di PKBM Al Muttaqin?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar pada peserta didik paket C di PKBM Al Muttaqin Kabupaten Jember. Manfaat dari penelitian ini secara teoritis yaitu sebagai sumber informasi, referensi, dan perbandingan literatur untuk peneliti lain dengan kebutuhan dan kepentingan sejalan dengan tema penelitian ini. Secara praktis, diharapkan penelitian ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik terkait faktor minat belajar pada peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Penentuan lokasi penelitian menggunakan teknik purposive area. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Tahapan analisis data pada penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan yaitu dengan melakukan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik yang aktif dalam mengikuti pembelajaran memiliki minat belajar yang tinggi dilihat dari dua faktor, diantaranya yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal merupakan faktor yang berasal dari diri individu, seperti tingkat intelegensi peserta didik, motivasi belajar yang tinggi, bakat yang dimiliki peserta didik, serta kesiapan peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran. Faktor eksternal merupakan faktor yang berasal dari luar diri individu, seperti dukungan dari keluarga yang terkadang ikut menemani peserta didik melakukan kegiatan pembelajaran, juga faktor sekolah seperti pendekatan yang dilakukan oleh tutor, metode belajar yang diterapkan, dan fasilitas PKBM yang mendukung proses pembelajaran. Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor minat belajar yaitu faktor internal dan eksternal dapat membantu meningkatkan minat belajar peserta didik. Saran diharapkan kepada tutor untuk meningkatkan kreativitas yang dapat menciptakan peserta didik paket C termotivasi untuk belajar secara aktif guna mencapai prestasi belajar sesuai dengan yang diharapkan. Peneliti berharap bahwasanya bagi lembaga bisa mendorong lebih banyak lagi bakat yang dimiliki oleh peserta didik agar dapat memberikan kebermanfaatan kemajuan pendidikan khususnya pada pendidikan nonformal sehingga mampu meningkatkan minat belajar peserta didik. Sedangkan bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengkaji lebih dalam mengenai faktor pendukung dan faktor penghambat minat belajar ataupun dampak minat belajar peserta didik terhadap hasil belajar agar dapat melengkapi, memperdalam dan memperbanyak wacana mengenai program ini.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125045
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository