dc.contributor.author | ULILHAQ, Salma Yovena | |
dc.date.accessioned | 2025-01-21T05:54:16Z | |
dc.date.available | 2025-01-21T05:54:16Z | |
dc.date.issued | 2024-12-20 | |
dc.identifier.nim | 200910302038 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125033 | |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 21 Januari 2025_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Saat ini fashion bukan hanya tentang memenuhi kebutuhan pakaian, tetapi menjadi
alat komunikasi dalam mempresentasikan identitas sosial. Oleh karena itu, tidak
jarang bagi sebagian orang, termasuk mahasiswa merasa FoMo terhadap fashion
yang menjadikan mereka merasa untuk dapat terus merasakan pengalaman yang
sama dengan orang lain, sehingga perasaan FoMo tersebut akhirnya mendorong
konsumsi simbolik mahasiswa Universitas Jember terhadap tren fashion. Landasan
Teoritis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Masyarakat Konsumsi
milik Jean Baudrillard. Metode penelitian yang dipilih adalah metode kualitatif
dengan pendekatan critical thinking. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
mahasiswa Universitas Jember mengalami FOMO karena media sosial, dengan
terus melihat konten fashion di Instagram dan TikTok, serta karena lingkungan
sekitar mereka. FoMo menjadi pendorong mahasiswa untuk dapat terus mengikuti
tren fashion baru seperti "cewek bumi," "cewek mamba," dan "cewek kue" sebagai
upaya untuk mempertahankan citra diri mereka di lingkungan sosial. Selain itu,
kepemilikan barang fashion bermerek mahasiswa Universitas Jember seperti
kerudung Lafiyee atau tas Holdrey digunakan sebagai simbol status sosial dan
identitas. Konsumsi ini lebih didasarkan pada nilai tanda daripada nilai guna,
mencerminkan simulasi yang diciptakan oleh media sosial. konsumsi simbolik ini
dilakukan karena adanya kebutuhan untuk menciptakan dan mempertankan citra
sosial mahasiswa melalui barang ber merek dan tren fashion. | en_US |
dc.description.sponsorship | Bapak Nurul Hidayat S.Sos., MUP selaku dosen pembimbing utama
Bapak Drs. Akhmad Ganefo M.Si selaku dosen pembimbing anggot | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik | en_US |
dc.subject | FoMo | en_US |
dc.subject | Fashion | en_US |
dc.subject | Konsumsi Simbolik | en_US |
dc.title | FoMo dan Konsumsi Simbolik Mahasiswa Universitas Jember dalam Mengikuti Perkembangan Fashion | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Sosiologi | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Nurul Hidayat, S.Sos., MUP | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Drs. Akhmad Ganefo, M.Si | en_US |
dc.identifier.validator | Kacung- 7 Januari 2025 | en_US |