Show simple item record

dc.contributor.authorULILHAQ, Salma Yovena
dc.date.accessioned2025-01-21T05:54:16Z
dc.date.available2025-01-21T05:54:16Z
dc.date.issued2024-12-20
dc.identifier.nim200910302038en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125033
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 21 Januari 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractSaat ini fashion bukan hanya tentang memenuhi kebutuhan pakaian, tetapi menjadi alat komunikasi dalam mempresentasikan identitas sosial. Oleh karena itu, tidak jarang bagi sebagian orang, termasuk mahasiswa merasa FoMo terhadap fashion yang menjadikan mereka merasa untuk dapat terus merasakan pengalaman yang sama dengan orang lain, sehingga perasaan FoMo tersebut akhirnya mendorong konsumsi simbolik mahasiswa Universitas Jember terhadap tren fashion. Landasan Teoritis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Masyarakat Konsumsi milik Jean Baudrillard. Metode penelitian yang dipilih adalah metode kualitatif dengan pendekatan critical thinking. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa Universitas Jember mengalami FOMO karena media sosial, dengan terus melihat konten fashion di Instagram dan TikTok, serta karena lingkungan sekitar mereka. FoMo menjadi pendorong mahasiswa untuk dapat terus mengikuti tren fashion baru seperti "cewek bumi," "cewek mamba," dan "cewek kue" sebagai upaya untuk mempertahankan citra diri mereka di lingkungan sosial. Selain itu, kepemilikan barang fashion bermerek mahasiswa Universitas Jember seperti kerudung Lafiyee atau tas Holdrey digunakan sebagai simbol status sosial dan identitas. Konsumsi ini lebih didasarkan pada nilai tanda daripada nilai guna, mencerminkan simulasi yang diciptakan oleh media sosial. konsumsi simbolik ini dilakukan karena adanya kebutuhan untuk menciptakan dan mempertankan citra sosial mahasiswa melalui barang ber merek dan tren fashion.en_US
dc.description.sponsorshipBapak Nurul Hidayat S.Sos., MUP selaku dosen pembimbing utama Bapak Drs. Akhmad Ganefo M.Si selaku dosen pembimbing anggoten_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politiken_US
dc.subjectFoMoen_US
dc.subjectFashionen_US
dc.subjectKonsumsi Simboliken_US
dc.titleFoMo dan Konsumsi Simbolik Mahasiswa Universitas Jember dalam Mengikuti Perkembangan Fashionen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiSosiologien_US
dc.identifier.pembimbing1Nurul Hidayat, S.Sos., MUPen_US
dc.identifier.pembimbing2Drs. Akhmad Ganefo, M.Sien_US
dc.identifier.validatorKacung- 7 Januari 2025en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record