Pendampingan Anak Sekolah Melalui Program Wisata Literasi di Rumah Literasi Indonesia
Abstract
Pada masa Covid-19 anak sekolah terpaksa belajar di rumah dengan sarana pembelajaran yang terbatas, mereka tidak dapat mengembangkan potensi bakatnya dikarenakan kurangnya interaksi antara guru dengan siswa, hal tersebut mengakibatkan anak sekolah tidak dapat memenuhi kebutuhan belajarnya dengan maksimal. Rumah Literasi Indonesia sebagai lembaga non profit yang bergerak di bidang pendidikan melakukan intervensi melalui program wisata literasi yaitu pendampingan anak sekolah berbasis wisata dengan memanfaatkan sumber daya kearifan lokal dengan tujuan dapat memecahkan masalah kebutuhan dasar pendidikan anak sekolah. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pendampingan anak sekolah melalui program wisata literasi di Rumah Literasi Indonesia. Pendekatan penelitian menggunakan kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan datanya observasi terus terang atau tersamar, wawancara semi terstruktur, dan studi dokumentasi. Analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat empat tahapan dalam pendampingan anak sekolah di Rumah Literasi Indonesia yaitu pendaftaran, persiapan, pelaksanaan dan evaluasi.