• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Design-Based Learning Terhadap Computational Thinking Skill Siswa SMP pada Pembelajaran IPA

    Thumbnail
    View/Open
    200210104129_Repository.pdf (7.232Mb)
    Date
    2024-10-14
    Author
    KHASFIYATIN, Siti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Computational Thinking Skill merupakan salah satu keterampilan abad 21 yang didefinisikan sebagai proses berpikir yang berfungsi untuk memecahkan suatu masalah yang kompleks dengan cara yang sederhana. Computational Thinking merupakan bagian dari keterampilan kognitif seseorang yang terdiri dari proses mengidentifikasi pola, memecah masalah yang kompleks menjadi langkah-langkah yang lebih sederhana, dan menciptakan serangkaian peluang untuk membangun solusi, kemudian membuat representasi data dengan menggunakan simulasi. Namun, computational thinking masih sedikit diintegrasikan di Indonesia, khususnya pada pembelajaran IPA SMP, padahal penerapan computational thinking sesuai dengan tuntutan kurikulum yang bertujuan untuk memperkuat kemampuan sains dan matematika siswa dimana pembuatan soal didesain mirip dengan tes PISA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh model design-based learning terhadap kemampuan computational thinking skill dan menguji peningkatan computational thinking skill pada pembelajaran IPA menggunakan design-based learning. Model pembelajaran berbasis desain atau yang biasa dikenal dengan design-based learning merupakan solusi atas rendahnya computational thinking peserta didik karena membantu peserta didik berpikir pada tingkat yang lebih tinggi dan membantu diri mereka untuk lebih fokus dalam pembelajaran dengan menyajikan permasalahan dunia nyata kepada peserta didik yang mendorong peserta didik untuk merancang penyelesaian masalah. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 2 Ajung. Waktu dilaksanakannya penelitian yaitu pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Ajung tahun ajaran 2023/2024 dengan sampel terdiri dari dua kelas VIII yang ditentukan dengan menggunakan teknik random sampling. Penelitian ini mengacu pada pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis quasi eksperimental design. Desain penelitian yang digunakan dalam adalah nonequivalent control group design. Pengumpulan data penelitian utama berupa tes yaitu pre-test dan post-test untuk mengukur CTS siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Tes berisi 5 butir soal uraian CTS materi cahaya dan alat optik yang setiap butirnya mencakup satu aspek CTS. Data penelitian pendukung yang digunakan yaitu wawancara, observasi, serta dokumentasi. Metode analisis yang digunakan yaitu uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat dan Independent Sample T-test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa CTS kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Diketahui rerata pre-test kelas kontrol sebesar 11,87 dan post-test kelas kontrol sebesar 55,74. Sementara itu, nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen sebesar 12,13 dan post-test kelas eksperimen sebesar 68,91. Terdapat peningkatan CTS kelas eksperimen dari awalnya kriteria sangat rendah menjadi kriteria baik. Sedangkan hasil nilai pre-test dan post-test kelas kontrol menunjukkan adanya sedikit peningkatan CTS peserta didik dari awalnya kriteria sangat rendah menjadi kriteria cukup. Data nilai pretest dan posttest peserta didik selanjutnya dilakukan uji normalitas memperoleh nilai signifikansi > 0,05 yang menunjukkan data berdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan uji homogenitas memperoleh nilai signifikansi > 0,05 yang menunjukkan data bersifat homogen. Data selanjutnya dianalisis dengan Independent sample t-test dan uji t-pihak kanan. Berdasarkan tabel hasil Independent sample t-test diperoleh nilai Sig.(2 tailed) 0,002 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji t-pihak kanan terhadap CTS siswa diketahui bahwa nilai 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 (3,216 > 1,680) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan perbandingannya terjadi nilai rata-rata yang lebih baik pada kelas eksperimen terhadap kelas kontrol. Berdasarkan hasil data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran design-based learning berpengaruh secara signifikan terhadap computational thinking skill siswa SMP pada pembelajaran IPA
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125012
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15482]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository