• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan LKPD Berbasis HOTS Pada Mata Pelajaran IPAS BAB 7 Daerahku Kebanggaanku Topik A Seperti Apa Budaya Daerahku Kelas V SDN Tegalwangi 03 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Kholifatur Rosidah_200210204038_REPOSITORY.pdf (6.274Mb)
    Date
    2024-11-19
    Author
    ROSIDAH, Kholifatur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penerapan kurikulum baru yaitu kurikulum merdeka harus didukung dengan penggunaan bahan ajar yang secara aktif dapat dikembangkan dan menyesuaikan dengan kebutuhan peserta didik. Hasil wawancara pada guru kelas V SDN Tegalwangi 03 Jember dan SDN Antirogo 02 Jember menyatakan bahan ajar yang digunakan adalah buku paket dan LKS. Latihan soal yang terdapat di bahan ajar tersebut masih pada tahap kognitif C1, C2, dan C3. Sedangkan pada pembelajaran abad 21 peserta didik dituntut untuk memiliki keterampilan berpikir kritis dalam menyelesaikan permasalahan. Solusi dalam mengatasi permasalahan ini adalah dengan dilakukannya penelitian yang menghasilkan suatu pengembangan bahan ajar berupa LKPD berbasis HOTS mata pelajaran IPAS kelas V SD. Penelitian ini berfokus pada IPAS BAB 7 Daerahku Kebanggaanku Topik A Seperti Apa Budaya Daerahku. Adapun rumusan masalahnya adalah: (1) bagaimana proses pengembangan LKPD berbasis HOTS pada mata pelajaran IPAS BAB 7 Daerahku Kebanggaanku topik A Seperti Apa Budaya Daerahku kelas V SDN Tegalwangi 03 Jember; dan (2) bagaimana kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan pengembangan LKPD berbasis HOTS pada mata pelajaran IPAS BAB 7 Daerahku Kebanggaanku topik A Seperti Apa Budaya Daerahku kelas V SDN Tegalwangi 03 Jember. Proses pengembangan LKPD berbasis HOTS materi Daerahku Kebanggaanku topik A Seperti Apa Budaya Daerahku kelas V SDN Tegalwangi 03 Jember melalui model pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari 10 tahapan. Namun, peneliti hanya melakukan sampai pada tahap ke-8 dikarenakan sudah menjawab tujuan penelitian yaitu mengetahui kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan dari produk yang dikembangkan. Adapun 8 tahapan yang digunakan antara lain: (1) penelitian pendahuluan; (2) perencanaan pengembangan produk; (3) pengembangan desain produk awal; (4) validasi desain produk; (5) revisi desain produk awal; (6) uji coba penggunaan; (7) revisi produk pengembangan; (8) uji coba keefektifan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, angket, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Hasil pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis HOTS Mata Pelajaran IPAS BAB 7 Daerahku Kebanggaanku Topik A Seperti Apa Budaya Daerahku Kelas V SDN Tegalwangi 03 Jember diperoleh hasil bahwa produk valid, efektif dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran IPAS kelas V SD. Validasi produk dilakukan kepada 3 validator dan diperoleh hasil validasi 83% yang termasuk kategori sangat valid. Pengembangan LKPD berbasis HOTS memiliki kriteria efektif dengan skor t hitung lebih besar daripada t tabel (7,141 > 1,684) dan memiliki kategori keefektifan tinggi dengan skor 79,17%. LKPD berbasis HOTS yang dikembangkan juga memiliki kriteria sangat praktis dengan hasil 87,04%. Berdasarkan pengembangan dan penelitian yang sudah dilakukan, maka saran yang dapat diberikan yaitu sebagai berikut: (1) bagi peserta didik, sebaiknya mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik dengan menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis HOTS yang dikembangkan, agar meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi. (2) bagi pendidik, pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis HOTS sebaiknya dijadikan referensi pengembangan bahan ajar berupa LKPD. Pendidik juga diharapkan dapat mengembangkan bahan ajar berupa LKPD sesuai dengan kreativitas dan menyesuaikan dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. (3) bagi peneliti lain, pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis HOTS sebaiknya dijadikan bahan rujukan untuk mengembangkan bahan ajar berupa LKPD dengan inovasi yang berbeda.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125010
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15482]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository