Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Topik Menjaga Kesehatan Berbasis Kearifan Lokal pada Keterampilan Menulis Kalimat Sederhana Peserta Didik Kelas II di SDN Nogosari 01 Lumajang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran
berbentuk permainan ular tangga dengan topik menjaga kesehatan berbasis kearifan
lokal. Media ini digunakan untuk memotivasi peserta didik kelas II di SDN
Nogosari 01 Lumajang untuk menulis kalimat sederhana. Media ini diintegrasikan
dengan salah satu kearifan lokal Lumajang, yaitu pawon urip. Pawon urip
merupakan sebuah budaya lokal Lumajang yang mengajarkan tentang pentingnya
menjaga kesehatan melalui konsumsi makanan sehat serta gotong royong.
Terdapat beberapa permasalahan yang ditemukan pada peserta didik kelas
II di sekolah tersebut, seperti: peserta didik mengalami kesulitan menulis kalimat
sederhana dengan pola kalimat yang benar; kurangnya penggunaan huruf kapital
yang tepat; dan media pembelajaran yang kurang inovatif, sehingga peserta didik
kurang antusias dalam pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut, rumusan
masalah dari penelitian ini yaitu: (1) bagaimana proses pengembangan media
permainan ular tangga topik menjaga kesehatan berbasis kearifan lokal pada
keterampilan menulis kalimat sederhana peserta didik kelas II di SDN Nogosari 01
Lumajang?; dan (2) bagaimana tingkat kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan
media permainan ular tangga topik menjaga kesehatan berbasis kearifan lokal pada
keterampilan menulis kalimat sederhana peserta didik kelas II di SDN Nogosari 01
Lumajang?. Tujuan penelitian ini, yaitu mengetahui proses pengembangan media
permainan ular tangga berbasis kearifan lokal dan mengetahui tingkat kevalidan,
keefektifan, dan kepraktisan media tersebut pembelajaran.
Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D)
dengan model pengembangan Borg and Gall. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, angket respons, tes hasil belajar, dan validasi dari para ahli.
Validasi dilakukan oleh dosen ahli media dan bahasa, serta guru kelas.
Hasil pengembangan media permainan ular tangga topik menjaga kesehatan
berbasis kearifan lokal Lumajang yaitu validitas media dengan tahap validasi oleh
dua ahli (bahasa dan materi) memperoleh skor 93,3. Hasil keefektifan dengan tes
hasil belajar yaitu 85,71% dengan kategori sangat efektif. Hasil kepraktisan dengan
angket respons peserta didik memperoleh skor 90.
Produk media ular tangga dinilai sangat layak digunakan berdasarkan hasil
validasi oleh ahli bahasa dan materi. Hasil tes menunjukkan bahwa permainan ular
tangga ini efektif dalam membantu peserta didik menulis kalimat sederhana. Media
ini dinilai praktis dan mudah digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini
menyimpulkan bahwa media permainan ular tangga berbasis kearifan lokal dapat
menjadi alat yang valid, efektif, dan praktis dalam meningkatkan keterampilan
menulis kalimat sederhana bagi peserta didik kelas II.