• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbantuan Flashcard terhadap Communication Skill Siswa Kelas IV SDN 1 Asembagus

    Thumbnail
    View/Open
    Widya Ayu Mahfidhah (1.608Mb)
    Date
    2024-12-04
    Author
    MAHFIDHAH, Widya Ayu
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Abad 21 ini, siswa membutuhkan keterampilan pendukung dalam pembelajaran, diantaranya adalah creative, critical thinking, collaboration skill, dan communication skill atau secara kolektif yang disebut dengan keterampilan 4C. Keterampilan atau skill yang harus siswa punya pada abad 21 ini adalah keterampilan komunikasi atau communication skill. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas IV SDN 1 Asembagus bahwa dalam pembelajaran IPAS di kelas sudah pernah menggunakan model pembelajaran kooperatif namun guru hanya memfokuskan pada hasil pembelajaran yang dicapai. Saat pembelajaran IPAS dilaksanakan oleh guru dalam kelas, masih terdapat siswa yang belum bisa aktif dalam berkomunikasi, misal masih terdapat siswa yang hanya diam ketika belajar bersama temannya, dan cenderung tidak aktif berbicara dan beradu pikiran sehingga hal tersebut memengaruhi pemahaman siswa terhadap pembelajaran yang dilaksanakan. Menurut kajian literatur penelitian yang pernah dilakukan, bahwa dengan model kooperatif tipe think pair share dapat memengaruhi kemampuan komunikasi matematis siswa, namun model tersebut belum banyak dilakukan terhadap communication skill siswa khususnya pada mata pelajaran IPA dengan bantuan media flashcard. Permasalahan tersebut menjadi dasar rumusan masalah pada penelitian ini. Rumusan penelitian ini adalah adakah pengaruh model kooperatif tipe think pair share berbantuan flashcard terhadap communication skill siswa kelas IV SDN 1 Asembagus?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh model kooperatif tipe think pair share berbantuan flashcard terhadap communication skill siswa kelas IV SDN 1 Asembagus. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Asembagus yang berlokasi di Jalan Krajan Timur, Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo. Penelitian ini dilaksanakan di semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI berjumlah 46 siswa yang terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas IVA dengan jumlah siswa 23 orang dan kelas IVB dengan jumlah siswa 23 orang. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan melalui uji homogenitas terlebih dahulu. Hasil uji homogenitas adalah sebesar 0,325 > 0,05 yang menunjukkan bahwa kemampuan awal siswa antara kelas IVA dan IVB sama atau homogen. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik selected sampling. Hasil didapatkan bahwa kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen jenis Pra-Experimental. Desain yang digunakan adalah Posttest-Only Control Group Design. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah penilaian observasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi penilaian communication skill. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini diantaranya yaitu uji homogenitas, uji normalitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji Mann Whitney. Hasil perhitungan uji Mann Whitney dengan bantuan IBM SPSS versi 25 menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,002 < 0,05 sehingga dapat diambil keputusan yaitu Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan penelitian tersebut kesimpulan yang dapat diambil adalah terdapat pengaruh dalam penggunaan model kooperatif tipe think pair shre berbantuan flashcard terhadap communication skill siswa kelas IV SDN 1 Asembagus.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124976
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15487]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository