Pengaruh Visual Merchandising dan Diskon Harga terhadap Pembelian Impulsif dengan Emosi Positif Sebagai Mediator di Informa Jawa Timur
Abstract
Visual Merchandising dan Diskon Harga menjadi penentu penting bagi pelanggan dalam melakukan Pembelian Impulsif. Informa, khususnya di Jawa Timur, berusaha memberikan pengalaman berbelanja yang baik, yang berdampak pada citra perusahaan. Memahami interaksi antara variabel-variabel ini sangat penting untuk kelangsungan hidup perusahaan yang ingin mengoptimalkan layanan dan mencapai tujuan strategis untuk kesuksesan berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh Visual Merchandising dan Diskon Harga terhadap Pembelian Impulsif dengan Emosi Positif sebagai mediasi di Informa, Jawa Timur. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan non-probability sampling, melibatkan 236 pelanggan yang datanya dikumpulkan melalui kuesioner. Analisis dilakukan menggunakan metode SEM dan software SMART PLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Visual Merchandising dan diskon berpengaruh signifikan terhadap Pembelian Impulsif yang dimediasi oleh Emosi Positif pada Informa di Jawa Timur.