• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SDN Kepatihan 05 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    FURIN NAVISA PUTRI_170210204051_TUGAS AKHIR.pdf (5.785Mb)
    Date
    2024-07-01
    Author
    PUTRI, Furin Navisa
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SDN Kepatihan 05 Jember. Furin Navisa Putri, 170210204051; 43 halaman; Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar; Jurusan Ilmu Pendidikan; Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan; Universitas Jember. Diketahui masih banyak siswa dengan hasil belajar dibawah KKTP. Berdasarkan hasil tes sumatif tengah semester (STS) pembelajaran IPAS siswa kelas IV SDN Kepatihan 05 diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 57,85. Berdasarkan data tersebut hasil belajar yang dicapai siswa secara klaksikal masih jauh dari KKTP yang ditentukan oleh pihak sekolah. Berdasarkan hasil wawancara juga dengan guru kelas IV SDN Kepatihan 05 diketahui bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran guru sudah menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi, tetapi kegiatan pembelajaran belum maksimal. Hasil belajar siswa masih di bawah KKTP, hasil belajar IPAS rendah dikarenakan kurangnya ketertarikan siswa terhadap pembelajaran. Pembelajaran yang diajarkan hanya berpatokan kepada buku siswa saja, siswa kurang diberikan kesempatan oleh guru untuk berinteraksi dengan teman, benda-benda kongkrit dan lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu diperlukan adanya upaya untuk memberikan kesempatan siswa mengembangkan kemampuan berpikirnya dan mengajarkan siswa bahwa belajar tidak hanya sekedar menghafal saja, tetapi siswa bisa membangun pengetahuan yang dimilikinya dengan pengalaman langsung yang membuat pembelajaran semakin bermakna. Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) menjadi salah satu solusi yang tidak hanya menekankan peran aktif siswa secara individu, tetapi siswa juga bisa belajar berinteraksi dengan teman, bertanggung jawab dalam bekerjasama dalam kelompok, dan yang paling penting siswa secara mandiri maupun kelompok bisa belajar langsung mengaitkan pembelajaran yang ada dengan kehidupan seharihari. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kepatihan 05 Jember pada semester genap tahun ajaran 2023/2024 dengan subjek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 28 siswa yaitu 15 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan diantaranya perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes, wawancara, dan observasi. Berdasarkan hasil analisis data diketahui hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Dalam siklus I rata-rata hasil belajar siswa adalah 70,03 dengan presentase ketuntasan belajar secara klaksikal 64,28%, dalam siklus II mengalami peningkatan rata-rata hasil belajar menjadi 79,53 dengan presentase ketuntasan secara klaksikal sebesar 78,57%. Kesimpulan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPAS bab mengubah bentuk energi di SDN Kepatihan 05 Jember. Adapun saran yang dapat dikemukakan pada penelitian ini yaitu: a) bagi guru, diharapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat digunakan dalam pembelajaran agar siswa dapat membangun sendiri pengetahuannya dan melakukan percobaan, b) bagi peneliti, dijadikan referensi untuk inovasi pengembangan pembelajaran berikutnya. Akan tetapi, untuk melaksanakan pembelajaran model kooperatif tipe TPS, juga harus diperhatikan lebih khusus dalam merencanakan waktu dan pemilihan materi yang akan diajarkan. c) bagi peneliti lain, dapat menjadikan penelitian ini sebagai referensi untuk melakukan penelitian yang sejenis atau untuk dikembangkan lagi untuk penelitian selanjutnya.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124929
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15487]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository